10 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya, Anda Wajib Waspada!

10 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya, Anda Wajib Waspada!

Jika tubuh manusia terkena virus dan tidak segera diobati, coba bayangkan apa yang akan terjadi? Sama halnya dengan penyakit yang biasa menyerang perangkat komputer. Tidak lain dan tidak bukan adalah virus komputer. Sebagai pengguna perangkat komputer, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan musuh komputer yang satu ini.

Yup, virus komputer adalah penyakit yang bisa merusak komputer Anda. Virus ini bekerja dengan cara menggandakan dirinya sendiri lalu menyebar melalui program atau dokumen pada sebuah komputer. Apabila dibiarkan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin virus akan merusak perangkat secara menyeluruh.

Parahnya lagi, macam-macam virus komputer yang ganas juga dapat mencuri data pribadi dan menginfeksi perangkat lain di jaringan. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai berbagai jenis virus pada komputer yang sering muncul di bawah ini.

Macam-macam virus komputer

Dilihat dari cara kerjanya, maka virus yang menyerang komputer dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

1. Spyware

Jenis virus komputer pertama yakni spyware. Spyware adalah perangkat lunak yang bekerja dengan memantau aktivitas online korban ketika browsing internet, memasukkan kata sandi, dan lain sebagainya. Jika spyware masuk ke komputer Anda, maka kerugian yang ditimbulkan bisa jadi berupa pencurian data, tambahan biaya internet, atau koneksi internet makin lambat.

2. Worm

Worm adalah jenis virus pada komputer yang menginfeksi menggunakan email yang terkoneksi dengan internet. Virus ini bekerja dengan menggandakan diri, membuat file tak berguna pada komputer hingga akhirnya membuat sistem komputer menjadi rapuh dan memori penyimpanan cepat full.

3. Trojan

Anda perlu waspada jika menerima email dari alamat yang tidak jelas. Sebab bisa jadi itu berisi virus trojan. Yup, virus ini muncul melalui jaringan internet dan email yang Anda terima lalu akan mencuri informasi password, kebiasaan online pengguna, bahkan mengendalikan target.

4. Multipartite virus

Multipartite virus adalah nama virus komputer yang menginfeksi sistem operasi dan program tertentu. Apabila tak segera diatasi, maka virus ini dapat membahayakan RAM dan hard disk.

5. Web scripting virus

Web scripting virus merupakan kode program yang digunakan untuk mengoperasikan konten pada sebuah website. Oleh karena itu virus ini muncul ketika komputer terhubung dengan jaringan internet.

6. FAT virus

Nama virus komputer yang letaknya tersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi dan bisa merusak file tertentu dinamakan FAT virus. Kerugian yang ditimbulkan jika terinfeksi jenis virus ini yaitu file dapat hilang atau terhapus.

7. Memory resident virus

Jenis virus komputer memory resident virus menginfeksi RAM dan program komputer sehingga membuat kinerjanya menjadi lambat dan berjalan tidak normal.

8. Virus backdoor

Hampir sama dengan trojan, hanya saja virus backdoor berbentuk file biasa seperti game. Istilah backdoor merujuk pada mekanisme yang dapat mengakses sistem, jaringan, maupun aplikasi.

9. Directory virus

Nama virus komputer satu ini mengakibatkan komputer menjadi lambat dan tidak bisa membuka program. Directory virus juga menginfeksi file dengan ekstensi .exe sehingga bisa saja file tersebut hilang atau error tanpa alasan jelas.

10. Macro virus

Macro virus merupakan jenis virus komputer dengan bahasa pemrograman suatu aplikasi sistem operasi. Biasanya, macro virus muncul dari email dan akan menyerang file dengan ekstensi .pps, .xls, atau lainnya. Maka dari itu, jangan coba-coba asal meng-klik pesan email yang tidak jelas, ya.

Itu tadi macam-macam virus komputer yang perlu Anda waspadai. Apabila Anda ingin perangkat laptop Anda terlindungi dari ancaman virus yang mengintai, gunakan proteksi terbaik dari McAfee antivirus yang juga akan mengamankan data pribadi Anda.


Baca juga: Ini Dia Pengertian Spyware, Jenis, dan Cara Jitu Mencegahnya