6 Tips Melindungi HP dari Hacker dengan Internet Security Terbaik

6 Tips Melindungi HP dari Hacker dengan Internet Security Terbaik

Pernahkah Anda membayangkan apa yang akan terjadi jika smartphone Anda rusak terkena hack? Pasti Anda akan pusing memikirkan bagaimana cara mengatasi supaya data-data pribadi Anda tidak disalahgunakan. Sebelum itu semua terjadi, ada baiknya kita membahas cara melindungi HP dari hacker dengan menggunakan antivirus internet security terbaik.

Secara umum, semua orang tidak dapat terlepas dari smartphone masing-masing. Studi di Spanyol menunjukkan bahwa 55% orang menggunakan HP yang sama untuk urusan pribadi dan pekerjaan. Inilah sebabnya kita perlu memberikan proteksi antivirus internet security terbaik pada smartphone.

Ini dikarenakan para hackers mengincar perangkat-perangkat yang seringnya tidak diproteksi dengan baik. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak tips melindungi HP dari hacker berikut ini.

Tips melindungi HP dari hacker

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya smartphone Anda tidak diretas oleh hacker yaitu sebagai berikut.

1. Berikan proteksi tambahan seperti deteksi wajah, sidik jari, atau pin

Hal pertama yang mendasar adalah berikan proteksi tambahan pada smartphone Anda. Kuncilah smartphone dengan deteksi wajah, sidik jari, atau pin. Gunakan kata kunci yang kuat dan tidak mudah ditebak orang lain serta aktifkan fitur two-factor authentication.

2. Gunakan VPN

Tips berikutnya adalah jangan menghubungkan perangkat Anda dengan jaringan tak dikenal ketika berada di tempat umum tanpa perlindungan aplikasi internet security terbaik. Sebaiknya gunakan VPN supaya koneksi Anda terhindar dari ancaman hacker. Dengan VPN, data sensitif, dokumen, serta aktivitas Anda akan terlindungi dari snooping.

3. Pastikan menginstall aplikasi dari toko aplikasi resmi

Pada dasarnya, Google Play Store maupun Apple Store telah memiliki sejumlah peraturan guna mencegah potensi masuknya aplikasi berbahaya di toko mereka. Seringnya aplikasi berbahaya tersebut ditemukan di luar toko yang dapat membahayakan data pribadi Anda.

Selain itu ketika Anda berada di toko aplikasi resmi, sebaiknya perhatikan juga deskripsi dan ulasan aplikasi sebelum mengunduhnya sebab pemalsuan masih bisa saja terjadi.

4. Backup data smartphone

Mem-backup data adalah hal yang penting dilakukan, sebab hal ini akan membuat proses transisi dari HP lama ke HP baru lebih mudah. Tak hanya itu, backup data juga berfungsi untuk memastikan data Anda tetap tersimpan jika HP Anda hilang atau dicuri. Jadi, baik iPhone maupun HP Android sebaiknya lakukan backup data secara berkala.

5. Singkirkan aplikasi lama dan perbarui aplikasi yang Anda pertahankan

Seringkali terjadi, kita mengunduh banyak aplikasi, menggunakannya sekali, lalu lupa dan membiarkan aplikasi tersebut tetap eksis di smartphone dalam waktu yang lama. Cobalah lakukan pengecekan terhadap layar handphone Anda dan lihatlah aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan, lalu hapuslah beserta datanya.

Beberapa aplikasi memiliki akun terkait sehingga ambillah langkah ekstra untuk menghapus akun-akun tersebut. Alasannya, setiap aplikasi tambahan yakni aplikasi lain yang membutuhkan pembaruan atau memiliki masalah keamanan, sehingga menghapusnya adalah pilihan cerdas.

Sementara untuk aplikasi yang ingin Anda simpan, perbarui secara teratur atau aktifkan auto update. Tak hanya memperkenalkan fitur terbaru dari aplikasi, namun meng-update aplikasi juga bisa mengatasi masalah keamanan.

6. Pasang aplikasi internet security terbaik

Cara untuk melindungi smartphone berikutnya adalah memasang antivirus internet security terbaik. McAfee internet security akan memberikan proteksi pada data pribadi hingga informasi pembayaran Anda.

Itulah beberapa tips melindungi smartphone dari hacker. Sebagai tindakan preventif, alangkah baiknya Anda segera memasang McAfee internet security yang memberikan perlindungan maksimal.

Baca juga: 10 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya, Anda Wajib Waspada!