Cara Memilih Antivirus untuk iPhone dan Rekomendasinya

Cara Memilih Antivirus untuk iPhone dan Rekomendasinya

Kejahatan cyber yang semakin hari kian marak terjadi membuat kita harus waspada dan tahu cara memilih antivirus untuk iPhone guna meningkatkan keamanan sistem perangkat. Pasalnya virus atau malware bisa menyerang kapan saja untuk mengincar privasi kita.

Meskipun pihak Apple mengatakan bahwa produk mereka bebas virus, namun tidak menutup kemungkinan pelaku kejahatan bisa mengelabui Anda hingga secara tidak sadar Anda malah membuka jalan masuk untuk virus tersebut.

Maka dari itu, penting memasang perlindungan tambahan pada iPhone supaya perangkat Anda terhindar dari ancaman malware berbahaya.

Cara memilih antivirus untuk iPhone

Apple sangat memperhatikan aplikasi yang mereka terima. Hal ini berarti ada kemungkinan rendah Anda tidak sengaja mengunduh malware yang disembunyikan dibalik aplikasi. Namun, beda cerita jika Anda melakukan jailbreak pada iPhone Anda.

Jailbreaking adalah proses menghapus pembatasan software pada iPhone. Ini memungkinkan Anda mengunduh aplikasi maupun ekstensi lainnya yang biasanya tidak bisa Anda lakukan di iPhone. Namun, justru jailbreak malah akan mendekatkan Anda pada masalah keamanan. Hal tersebut dikarenakan Anda mengunduh aplikasi yang tidak secara resmi disetujui oleh App Store, di mana mereka berpotensi berbahaya.

Jadi, selama tidak melakukan jailbreak, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Tapi bagi Anda yang ingin memasang software antivirus tambahan, Anda dapat mengikuti tips berikut.

Dukungan antivirus

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih antivirus untuk iPhone adalah mencari tahu dukungan antivirusnya. Ini penting terutama saat Anda membutuhkannya. Tidak harus selalu dalam bentuk komunikasi langsung, melainkan juga bisa berbentuk FAQ atau informasi basis pengetahuan yang dapat dilihat kapan saja.

Beberapa fitur dukungan tersebut dapat meliputi dukungan telepon, email, dan live chat. Selain itu pelayanan siap 24 jam, serta tersedia FAQ dan basis pengetahuan online.

Harga

Saat ini banyak sekali software antivirus yang ada di pasaran. Semuanya menawarkan keunggulan sendiri-sendiri dari gratis hingga berbayar sehingga membuat Anda bingung memutuskan mana yang terbaik.

Perangkat lunak antivirus gratis cukup bagus, namun ada kalanya Anda perlu memilih software berbayar guna mendapatkan fitur lebih dari sekedar perlindungan malware.

Cari perlindungan yang lengkap

Hal penting berikutnya adalah cari antivirus yang memberikan perlindungan lengkap. Tidak hanya melindungi dari virus, melainkan juga semua ancaman modern seperti trojan, worm, rootkit, ransomware, adware, dan lain-lain.

Cari juga antivirus yang mampu melindungi Anda saat online atau beraktivitas di internet. Karena saat ini sebagian besar ancaman datang dari dunia maya ketika secara tidak sengaja Anda mengunduhnya. Memiliki antivirus untuk iPhone dengan internet security akan membantu Anda mengetahui situs web mana yang berbahaya dan memindai file unduhan Anda.

Rekomendasi antivirus untuk iPhone

Setelah mengetahui berbagai tips memilih antivirus untuk iPhone, kini saatnya kami memberikan rekomendasinya kepada Anda.

McAfee adalah perangkat lunak yang kami rekomendasikan. Alasan pertama adalah keberadaan McAfee lebih lama dari hampir semua perangkat lunak antivirus di pasaran. Ini artinya McAfee mampu melihat hampir semua jenis virus maupun malware yang ada serta mengerti bagaimana cara melawannya.

Database McAfee mempunyai daftar ancaman berbeda setiap tahun, sehingga cocok menjadi antivirus terbaik untuk perangkat iPhone. Adanya database tersebut memungkinkannya menjelajahi perangkat Anda guna memeriksa apa saja yang tersimpan di dalamnya. McAfee juga berpasangan dengan fitur pemindai keamanan sehingga dapat memindai setiap perubahan tanpa izin, contohnya aplikasi dijalankan tanpa masukan Anda.

Hal terbaiknya adalah McAfee juga memiliki perlindungan untuk web yang melindungi Anda dari tautan spam atau akun palsu.

Jadi, tunggu apalagi? Cek katalognya di sini.

Baca juga: Ciri-Ciri iPhone Terkena Virus dan Bagaimana Cara Mencegahnya