Apa itu WinSnare? Definisi dan Cara Menghapusnya dari Komputer

Apa itu WinSnare? Definisi dan Cara Menghapusnya dari Komputer

Pernahkah Anda disadap oleh sekumpulan iklan tak terbendung yang tak kunjung hilang di setiap aktivitas yang Anda lakukan di internet? Entah itu menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Internet Explorer. Tidak ada browser yang kebal terhadap serangan bombardir pop up, pengalihan halaman, dan berbagai bentuk iklan lain yang dibawa WinSnare. Apa itu WinSnare?

Kharisma World akan mengulas seputar apa itu WinSnare, penyebaran, hingga cara menghapusnya dari komputer Anda. Oleh karena itu, simak sampai habis, ya!


Apa itu WinSnare?

WinSnare adalah program yang mungkin tidak diinginkan (PUP) , atau kita bisa menyebutnya virus karena merupakan program yang mereplikasi diri yang bekerja dengan malware amuleC atau adware Qtipr. Setelah komputer Anda terinfeksi virus ini, ia akan membuat perubahan pada semua browser web yang diinstal pada PC Anda.

Ini adalah sejenis virus yang dirancang secara eksplisit untuk menginfeksi web browser dan membuat perubahan di dalamnya. Setelah virus aktif, malware lain, yaitu amuleC atau Qtipr juga akan aktif.

Malware tersebut memiliki kemampuan untuk mencuri detail rahasia pengguna, seperti ID login dan kata sandi, halaman web yang paling sering dikunjungi, kueri penelusuran terbaru, bahkan detail rekening bank. Di sisi lain, ia memiliki peran berbeda untuk memainkan virus ini dengan menampilkan iklan setiap kali Anda online dimana itu merupakan cara utama yang digunakan untuk menghasilkan uang.

Pengembang akan dibayar setiap kali pengguna mengklik iklan. Teknik menghasilkan uang ini disebut pay per click (PPC). Itulah sebabnya mengapa iklan begitu banyak ditampilkan dan penempatannya bisa dimana saja sesuai kehendak mereka, dan Anda tidak dapat menghindarinya.


Apakah WinSnare Berbahaya?

Dari penjelasan apa itu WinSnare di atas, mungkin Anda akan menyimpulkan bahwa program tersebut sudah dipastikan berbahaya. Namun, sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Mengapa demikian?

Dalam hal komputasi dan definisi, WinSnare tidak bisa diklasifikasikan sebagai virus atau malware. Akan tetapi, ada beberapa risiko tidak langsung yang terkait dengan adware dan produk perangkat lunak serupa yang ada di PC Anda. Misalnya praktik pengumpulan data di software tersebut masih dipertanyakan.

Banyak kekhawatiran yang terjadi, seperti terkait keamanan data pengguna, siapa yang memiliki akses ke data tersebut, serta apa tujuannya. Bukan tidak mungkin bahwa pengembang adware akan menjual informasi ini ke pihak ketiga untuk mendapatkan keuntungan.

Tak hanya itu, yang juga perlu dikhawatirkan adalah munculnya virus ransomware, dimana virus itu sering didistribusikan melalui malvertisements, yang mewakili iklan yang disusupi dan telah disuntik dengan muatan berbahaya yang diunduh begitu Anda mengkliknya. Jadi, malvertisement tersebut mungkin saja bukan produk dari WinSnare, melainkan hanya iklan biasa yang terinfeksi oleh peretas.


Bagaimana WinSnare Ada pada Sistem?

Pengembang menggunakan strategi populer yang dikenal sebagai ‘bundling’ untuk menyebarkan virus. Bundling adalah proses dimana aplikasi target dilampirkan ke program freeware dan diinstal dengan program freeware.

Cara paling populer lainnya untuk menyebarkan aplikasi semacam itu adalah melalui pop-up iklan. Mereka mempekerjakan vendor untuk membantu dalam membuat iklan produk bersponsor untuk pengembang. Iklan ini dirancang dengan tagline yang menarik atau dengan menawarkan kupon diskon palsu agar orang tertarik dan merasa perlu mengunduh aplikasi tersebut atau setidaknya mencobanya.

Iklan promosi dapat muncul di web browser apapun, tetapi yang paling umum adalah Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox. Iklan ini diaktifkan jika Anda memasuki situs web pihak ketiga atau jika Anda terinfeksi adware. Adware bisa menyerang sistem Anda jika Anda tidak memiliki antivirus atau katakanlah program keamanan Anda kedaluwarsa.


Cara Menghapus WinSnare

Teknik menghapus WinSnare tidak begitu sulit. Ada dua cara, pertama Anda bisa menjalankan pemindaian sistem menggunakan software antivirus. Kedua, Anda dapat memeriksa File Program dan Folder Data Program untuk mencari file mencurigakan yang mungkin berkaitan dengan virus ini. Pastikan Anda memeriksa drive C dan D Anda.

Sebagai perlindungan ganda terhadap komputer, Anda bisa menggunakan software antivirus terpercaya seperti McAfee, yang mampu mendeteksi dan menghapus adanya virus maupun malware berbahaya pada PC Anda.

Baca juga: Cara Menghentikan Email Spam yang Mengganggu