Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021 untuk Smartphone

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2021 untuk Smartphone

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat banyaknya terobosan baru di berbagai sektor. Namun, adanya kemajuan tersebut juga mengundang sejumlah cybercriminals yang dipancing melalui virus. Sehingga, solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang antivirus android paling ampuh pada smartphone.

Jika tidak, mungkin saja perangkat Anda akan berisiko terinfeksi aplikasi yang rusak dan berbagai jenis malware berbahaya. Tapi tenang, ada banyak pilihan aplikasi antivirus android terbaik yang cocok diinstall di smartphone Anda, salah satunya yakni McAfee Mobile Protection for Android.

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengenali tanda-tanda smartphone terkena virus terlebih dahulu.

Tanda ponsel disusupi malware

Menurut peneliti dari Lookout, Adam Bauer, terdapat dua cara kerja malware pada Android. Pertama adalah memperdaya pengguna Android untuk memberikan izin mengakses informasi sensitif dan selanjutnya memberikan hak istimewa ke administrator.

Jika secara tidak sadar Anda mengizinkannya, maka malware berhasil masuk ke ponsel dan menunjukkan tanda-tanda berikut.

  • Selalu muncul iklan pada semua aplikasi yang digunakan

  • Anda memasang aplikasi lalu iconnya segera menghilang

  • Baterai ponsel cepat habis dibanding biasanya

  • Muncul aplikasi tak dikenal

  • Ponsel cepat panas karena ada aplikasi berjalan tanpa persetujuan

  • Kinerja ponsel jadi lemot

Cara menghapus malware di HP Android

Apabila ponsel Anda mengalami tanda-tanda di atas, artinya Anda perlu menghapus malware yang ada pada smartphone Android Anda. Berikut caranya.

1. Uninstall aplikasi mencurigakan

Tips pertama adalah uninstall aplikasi mencurigakan yang ada pada HP. Sebab bisa jadi aplikasi itulah yang membawa virus ke HP Anda.

2. Hapus administrator rights

Jika aplikasi sulit di-uninstall, mungkin aplikasi tersebut mempunyai administrator rights. Untuk itu, hapuslah administrator rights dengan cara masuk ke Setting > Security > Device Administrator > Android Device Manager.

3. Restart android

Tips berikutnya yakni restart android, tujuannya mengecek apakah malware sudah hilang dari HP atau belum. Amati juga kinerja smartphone apakah sudah normal atau kembali seperti semula.

Mengenal McAfee Mobile Protection for Android

Sebagai aplikasi antivirus android terpercaya, McAfee Mobile Protection for Android menawarkan banyak fitur lengkap. Tak hanya memberikan perlindungan untuk laptop maupun komputer, antivirus android ini juga memproteksi smartphone Anda.

Sebagai contoh, Anda berada di cafe atau tempat umum dan menghubungkan smartphone dengan Wifi publik. Masalahnya adalah banyak jaringan Wifi gratis yang tidak aman. Artinya, hacker mungkin saja dapat mencuri data sensitif yang Anda masukkan secara mudah, termasuk password dan informasi keuangan.

Tapi, dengan menggunakan aplikasi antivirus android McAfee yang menyediakan Virtual Private Network atau VPN, Anda bisa terhubung dengan berbagai jaringan Wifi secara aman di manapun.

Lantas bagaimana cara memilih provider VPN yang bagus? Inilah caranya.

  • Mudah digunakan

Anda menginginkan teknologi yang aman tanpa harus ribet penggunaannya? Inilah mengapa Anda harus mencari produk yang mudah digunakan, seperti McAfee Safe Connect VPN.

  • Keamanan yang kuat

Carilah VPN yang memiliki enkripsi setingkat bank. Dengan begitu, oknum jahat tidak akan mampu membaca atau mengakses data yang Anda kirim melalui jaringan internet.

  • Akses ke lokasi virtual

Fitur ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak anonimitas online dengan menggunakan server VPN yang menunjukkan lokasi berbeda dari titik akses Anda. Misalnya, Anda sedang online di Indonesia, tapi server VPN Anda menunjukkan bahwa Anda terhubung di Jerman.

Itulah informasi seputar antivirus android terbaik yang cocok dipasang di smartphone Anda. Kini, dengan menggunakan McAfee Mobile Security, Anda bisa lebih leluasa menjelajah internet dengan aman dan nyaman.


Baca juga: Antivirus Terbaik untuk Laptop, Amankan File & Data Pribadi Anda