6 Cara Download yang Aman dari Virus dan Malware, Catat!

6 Cara Download yang Aman dari Virus dan Malware, Catat!

Sebelum mengunduh aplikasi gratisan, Anda harus paham jika kemungkinan software tersebut disisipi virus atau malware pasti ada. Sehingga Anda perlu berhati-hati dan menerapkan cara download yang aman dari virus. Salah satunya adalah memastikan website penyedia file unduhan telah memiliki reputasi baik.

Mengunduh file apapun dari website yang tidak kredibel memang sangatlah berbahaya. Bisa saja mereka memancing Anda dengan memberikan embel-embel gratis. Apabila Anda langsung mengunduhnya tanpa berpikir panjang, maka siap-siap perangkat Anda menjadi korbannya.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka ini saatnya Anda mengecek cara download yang aman dari virus di internet.

Cara download yang aman dari virus

cara download yang aman dari virus sebenarnya tidaklah rumit. Anda hanya perlu memastikan beberapa hal berikut.

1. Memastikan browser up to date

Hal paling mendasar sebagai cara download yang aman dari virus yaitu memastikan browser web Anda telah diperbarui. Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan perbaikan keamanan ketika Anda menggunakan internet.

2. Memastikan sistem operasi telah diperbarui

Selain browser, Anda juga harus memperbarui sistem operasi di perangkat. Meskipun ini bukan solusi paling ampuh untuk mengunduh file berbahaya, namun setidaknya laptop Anda akan aman dari file mencurigakan. Jadi, jangan lupa update, ya!

3. Hindari program dan situs file-sharing

Cara download yang aman dari virus selanjutnya adalah hindari program dan situs berbagi berkas. Memang tempat ini sangat menggiurkan, namun Anda perlu tahu bahwa di dalamnya seringkali disisipi file berbahaya. Selain itu, Anda juga tak dapat memastikan originalitas berkas tersebut tanpa membukanya.

4. Pilih software terpercaya

Memilih program pengunduh yang memiliki peringkat baik juga termasuk ke dalam cara download paling aman, seperti aplikasi bersumber terbuka (open source). Sebagai contoh, Anda bisa mengunduh program melalui Chrome Store.

5. Unduh file dari sumber terpercaya

Sekali lagi, mengunduh file secara gratis dari sumber terpercaya adalah satu prosedur yang perlu Anda ikuti. Cara download yang aman dari virus ini bisa menjadi pilihan apabila Anda tidak mau mengeluarkan uang demi membeli software mahal dari website bereputasi baik.

Sebagai contoh, Anda bisa mengunduh video di YouTube dengan menggunakan SS YouTube. Ini relatif lebih aman sebab Anda bisa mengecek videonya terlebih dulu sebelum mendownloadnya. Selain itu, terkadang beberapa situs terpercaya memang menawarkan video gratis untuk diunduh, misalnya Google Play.

6. Memasang software antivirus

Cara download file yang aman tak bisa terlepas dari peran program antivirus terpercaya, seperti McAfee. McAfee adalah software antivirus terbaik yang memberikan perlindungan pada perangkat PC, laptop, Android dan iOS dari berbagai ancaman virus, malware, trojan, spyware, dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya membayar untuk berlangganan antivirus demi keamanan perangkat Anda, bukan?

Itulah sejumlah cara download file yang secara aman yang bisa Anda terapkan. Intinya, virus maupun malware bisa dihindari dengan meningkatkan kewaspadaan diri sendiri sebelum bertindak di dunia maya. Setelah itu, memasang perlindungan efektif seperti antivirus juga akan sangat membantu.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi, Mudah!