Cara Melihat Aplikasi yang Terhubung dengan Akun Google

Cara Melihat Aplikasi yang Terhubung dengan Akun Google

Login ke sebuah aplikasi menggunakan akun Google dapat memudahkan kita karena tidak perlu mendaftar dan mengisi data diri secara manual. Namun di sisi lain, kekurangannya adalah banyaknya aplikasi atau layanan yang terhubung ke akun Google membuat adanya celah keamanan pada akun kita. Oleh sebab itu Anda perlu mencari cara melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google guna memantaunya.

Sebenarnya jika selama ini aplikasi yang sudah terhubung aman-aman saja, maka tak menjadi masalah. Tapi, mungkin Anda masih penasaran apa saja aplikasi maupun layanan yang terhubung dengan akun Google Anda saat ini. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak tutorialnya berikut.


Cara melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google

Untuk melakukan ini, Anda tidak harus menggunakan PC atau laptop, melainkan smartphone sudah cukup. Caranya mudah:

  1. Buka akun Google Anda melalui browser atau lewat alamat myaccount.google.com.

  2. Anda juga bisa membukanya melalui Gmail dengan cara klik profile picture Gmail, pilih Kelola akun Google Anda.

  3. Lalu, pilih menu Keamanan.

  4. Jika sudah, klik pada Kelola akses pihak ketiga.

  5. Maka Anda akan bisa melihat semua layanan dan aplikasi yang tersambung ke akun Google Anda, bukan Gmail. Gmail juga termasuk layanan yang terhubung ke akun Google, tapi itu layanan resmi dari Google sendiri.

  6. Jika Anda ingin menghapus aplikasi maupun layanan yang sudah tersambung, Anda tinggal pilih pada aplikasi tersebut kemudian klik Hapus Akses. Secara otomatis, layanan atau aplikasi itu tidak akan lagi tertaut dengan akun Google Anda.

Perlu diingat, apabila Anda menghapus akses akun dari aplikasi atau layanan pihak ketiga, aplikasi maupun layanan tersebut dapat menyimpan informasi yang Anda berikan sejak saat Anda login dengan akun Google dan Anda memberikan akses akun Google tambahan kepada aplikasi bersangkutan.


Cara melaporkan aplikasi atau layanan pihak ketiga

Jika Anda merasa bahwa aplikasi maupun layanan yang tertaut di akun Google Anda menyalahgunakan data Anda, seperti meniru identitas Anda, membuat spam, atau menggunakan data Anda untuk hal-hal merugikan, Anda bisa laporkan hal tersebut pada pihak Google. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka akun Google Anda melalui browser atau lewat alamat myaccount.google.com.

  2. Masuk ke menu Keamanan.

  3. Klik pada Kelola akses pihak ketiga.

  4. Pilih aplikasi atau layanan yang ingin Anda laporkan lalu klik Laporkan aplikasi ini.

Nah, itulah cara melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google Anda. Sebenarnya Anda tak perlu takut untuk login menggunakan akun Google sebab keamanan dari Google sudah sangat ketat. Namun, sebagai pengguna internet yang bijak Anda perlu berhati-hati dan waspada jika terjadi sesuatu yang mencurigakan terkait akses akun Anda.

Tak ada salahnya sesekali Anda mengecek aplikasi apa saja yang tertaut di akun Google. Apabila semuanya aman, maka tak akan jadi masalah. Selanjutnya, guna memberikan perlindungan pada perangkat Anda, gunakan antivirus terpercaya yang ampuh mendeteksi ancaman serangan virus maupun malware seperti McAfee.

Baca juga: Celah Keamanan Google Chrome Terbaru dan Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Menanggulanginya