Cara Mengganti Lokasi di Google Chrome dengan Mudah

Cara Mengganti Lokasi di Google Chrome dengan Mudah

Saat mengakses Google Chrome dari HP atau komputer untuk pertama kali, biasanya akan muncul pop up dari Google yang meminta izin untuk mengakses lokasi Anda. Setelah izin diberikan Google akan selalu mengetahui di mana Anda berada termasuk saat Anda berpindah-pindah, walaupun tentunya ada cara mengganti lokasi di Google Chrome.


Mengapa Google Butuh Tahu Lokasi Anda

Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena Google memerlukan informasi lokasi pengguna justru untuk memberikan pelayanan paling maksimal bagi para penggunanya. Dengan mengetahui lokasi Anda, Google memastikan hasil pencarian yang ditampilkan saat Anda memasukkan suatu keyword akan relevan dengan kebutuhan Anda.

Tak hanya itu, dengan mengetahui informasi lokasi penggunanya Google juga bisa menampilkan hasil paling akurat saat Anda mengakses Google Maps tanpa harus melakukan banyak pengaturan. Anda bahkan cukup mengetik [keyword] + terdekat untuk menemukan berbagai tempat di sekitar Anda.


Apakah Ada Cara Mengganti Lokasi di Google Chrome?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, lokasi di Google Chrome dapat disesuaikan jika Anda memang membutuhkannya. Berikut adalah beberapa alasan yang membuat orang butuh untuk mengganti informasi lokasinya di Google:

Menyesuaikan Hasil Pencarian

Anda mungkin sudah tahu bahwa hasil pencarian yang di satu lokasi tertentu bisa berbeda dengan hasil pencarian di lokasi lain, terutama jika sudah melintasi batas negara. Perbedaan tersebut disebabkan oleh algoritma Google yang semakin canggih dalam memahami kebutuhan penggunanya.

Bukan tak mungkin seseorang yang berada di Indonesia butuh melihat hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google Singapore. Biasanya hal ini didasari oleh kebutuhan pekerjaan. Oleh karena itulah sangat mungkin untuk mengganti lokasi di Google Chrome.

Menyamarkan Identitas

Untuk beberapa alasan beberapa pengguna juga perlu menyamarkan identitas, salah satunya adalah menutupi lokasi asli di mana sebuah perangkat digunakan. Oleh karena itu misalnya saat mengakses internet di Jakarta, lokasi Google Chrome bisa diubah atau disamarkan menjadi Surabaya atau kota lainnya. 

Menyamarkan identitas bisa juga dilakukan dengan cara menggunakan VPN. Namun mengubah lokasi di Google Chrome jauh lebih simpel untuk dilakukan. 


Cara Mengganti Lokasi di Google Chrome

Nah, jika Anda memiliki kebutuhan untuk mengganti lokasi di Google Chrome berikut adalah cara yang perlu Anda lakukan:

  • Buka Google Chrome di komputer Anda

  • Klik menu setting atau pengaturan yang ada di pojok kanan atas 

  • Klik “lihat semua pengaturan” atau “see all setting”

  • Di bagian paling bawah Anda akan menemukan “Region Setting” atau “Pengaturan Lokasi”. Biasanya setting default yang ada pada bagian ini adalah “current region” sehingga lokasinya akan sama persis dengan keberadaan Anda yang sebenarnya. 

  • Ganti “Current Region” dengan nama negara atau lokasi yang Anda inginkan

  • Klik save 

Dengan mengikuti cara mengganti lokasi di Google Chrome tersebut, kini lokasi Anda sudah tersamarkan.


Apakah Ada Risiko dari Mengganti Lokasi di Google Chrome?

Para ahli berpendapat tidak ada risiko serius yang bisa ditimbulkan saat Anda mengganti setting lokasi di Google Chrome. Namun untuk semakin meminimalisir risiko sebaiknya Anda selalu mengaktifkan anti virus di semua perangkat.

Salah satu anti virus terbaik yang siap menjaga komputer Anda adalah Total Protection dari McAfee. Dapatkan sekarang juga agar Anda selalu terproteksi secara menyeluruh.

Baca juga: Cara Menghindari Pelacakan Lokasi oleh Google di iPhone dan Android