3 Cara Ampuh Menghilangkan Virus di iPhone dengan Mudah

3 Cara Ampuh Menghilangkan Virus di iPhone dengan Mudah

Sampai saat ini, perangkat iOS dianggap cukup kebal terhadap serangan virus maupun malware. Sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar sebab para hacker mulai mengalihkan perhatiannya ke perangkat ini. Jadi, apabila Anda merasa bahwa iPhone atau iPad Anda terinfeksi virus, maka segeralah mencari cara menghilangkan virus di iPhone yang ampuh.

Sebenarnya Apple sendiri sudah memiliki sistem operasi cukup aman. Artinya, hanya aplikasi yang disetujui Apple saja yang tersedia di App Store. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika iPhone Anda telah mengalami jailbreak. Jailbreak adalah tindakan yang memungkinkan iPhone untuk melakukan pengaturan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Jailbreak akan membuat HP Anda rawan terserang virus. Tapi tak perlu khawatir, Kharisma World sudah menyiapkan tipsnya untuk Anda. Mari simak ulasan di bawah ini.

Tanda iPhone terinfeksi virus

Sebelum menghapus virus di perangkat, pastinya Anda harus tahu terlebih dahulu apakah perangkat tersebut benar-benar terinfeksi atau tidak. Lantas, adakah cara mengetahui bahwa iPhone terkena virus? Ada. Berikut beberapa tandanya.

  • Kuota data internet cepat habis padahal penggunaannya normal

  • Aplikasi mudah crash (tidak bisa bekerja normal)

  • Muncul pop up yang mengganggu

Cara menghilangkan virus di iPhone atau iPad

Meskipun dinilai cukup kebal terhadap serangan virus, namun tak ada salahnya Anda menyimak cara menghilangkan virus di iPhone maupun iPad berikut.

1. Hapus riwayat dan data situs web

Cara menghilangkan virus di iPhone yang pertama adalah menghapus riwayat dan data situs web. Anda bisa membuka Pengaturan > Safari > Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web.

2. Matikan dan restart

Jika Anda merasa bahwa perangkat Anda terinfeksi virus, segera matikan atau restart dengan menekan tombol Power. Meskipun cara ini tidak sepenuhnya dapat menghapus virus atau malware, namun setidaknya Anda menghentikan prosesnya.

3. Hard reset iPhone

Apabila tips di atas tidak berhasil, pilihan cara menghilangkan virus di iPhone terakhir yakni dengan melakukan hard reset. Namun pastikan sebelumnya Anda sudah mem-backup semua data pada gadget Anda. Caranya, masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Setelah itu, masukkan password Anda dan tunggu konfirmasinya.

Setelah instalasi selesai, maka Anda harus menginstall ulang semua aplikasi yang ingin Anda gunakan.

Cara melindungi iPhone dari virus

Nah, bagi Anda yang tidak ingin perangkat terkena virus atau malware, sebenarnya Anda bisa melakukan pencegahan.

Cara paling mudah untuk melindungi perangkat iPhone maupun iPad Anda dari virus adalah dengan memperbarui iOS secara teratur. Selain itu, jangan mudah percaya dengan beredarnya link di WhatsApp group keluarga. Sebelum membuka, pastikan terlebih dahulu dari mana asalnya dan asli atau tidak.

Lebih lanjut, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang resmi dan trusted. Jangan sampai Anda mendownload aplikasi abal-abal yang ternyata mengandung malware di dalamnya.

Itulah cara menghilangkan virus di iPhone yang dapat Anda lakukan. Guna mencegah kerusakan perangkat atau pencurian data, ada baiknya Anda melindungi iPhone secara optimal dengan memperbarui iOS secara teratur. Di samping itu, Anda juga dapat memasang proteksi terbaik dari McAfee yang memberikan perlindungan penuh serta terpercaya.


Baca juga: Cara Cek HP Disadap atau Tidak, Inilah Tips Mengatasinya