Cara Menghilangkan Virus Tencent dari Windows & Tips Menghindarinya

Cara Menghilangkan Virus Tencent dari Windows & Tips Menghindarinya

Dari sekian banyaknya jenis program yang mungkin tidak diinginkan, virus tencent atau juga dikenal sebagai tencent QQ adalah salah satu yang perlu jadi perhatian Anda. Virus ini merupakan program buatan China yang sulit di uninstall karena kendala bahasa. Namun Anda tak perlu khawatir, masih ada cara menghilangkan virus tencent yang dapat dilakukan dan kami akan membahasnya di sini.


Pengertian Tencent

Tencent QQ atau tencent adalah adware yang menyesatkan pengguna dengan menampilkan dirinya sebagai layanan pesan instan. Alih-alih menyediakan fungsi yang disarankan, tencent diinstal sebagai ekstensi browser dan menghasilkan banyak iklan.

Ini didukung oleh pihak ketiga yang mengumpulkan data pribadi Anda untuk menunjukkan produk yang relevan dengan pencarian terakhir Anda. Karena tak hanya menampilkan iklan, melainkan juga bisa mempengaruhi kinerja sistem, maka penting bagi Anda mencari cara menghilangkan virus tencent dengan segera.


Cara Kerja Tencent

Coba ingat-ingat, apakah Anda pernah menginstal suatu program beberapa waktu sebelumnya? Apa yang Anda install, apakah freeware, crack, atau keygen? Apakah Anda mencoba untuk mendapatkan versi lengkap dari software berbayar secara gratis?

Nah, program-program khususnya China ini terutama datang bersama dengan software gratis, situs survei, crack, keygen, dan software berkualitas rendah lainnya. Ketika Anda mencoba menginstal freeware dengan terburu-buru tanpa membaca detailnya, bisa jadi Anda juga setuju untuk menginstal adware, virus, trojan, maupun jenis malware lain.

Guna menghindarinya, pastikan Anda melihat proses instalasi dengan hati-hati dan jangan mencentang kotak dengan program yang tidak dikenal dan mencurigakan.


Cara Menghilangkan Virus Tencent

Cara termudah dan modern untuk menghapus pop-up, trojan, ransomware, atau virus lainnya adalah dengan menggunakan alat penghapus otomatis. Seperti McAfee antivirus misalnya. McAfee adalah software antivirus terpercaya yang ampuh melindungi komputer Anda dengan cara mendeteksi adanya ancaman dan menghapusnya. Anda pun dapat menggunakan software ini sebagai cara menghilangkan virus tencent.

Selain itu, Anda juga bisa menghapusnya dengan cara manual, yaitu melalui Control Panel. Anda tinggal masuk ke Control Panel, lalu ke bagian Uninstall Program, cari Tencent QQ, dan klik Uninstall. Selesai. Mudah, kan?

Berikutnya, jika Anda ingin menghilangkan virus tencent melalui browser juga bisa, lho! Caranya Anda tinggal masuk ke browser yang Anda gunakan, baik itu Chrome, Firefox, atau Internet Explorer. Kemudian cari ekstensi Tencent QQ, lalu hapus.


Cara Menghilangkan Virus Tencent dari Program File

Setiap program yang diinstal pada PC Anda memiliki file-nya di dalam File Program, bahkan beberapa menawarkan uninstaller juga di sana, jadi Anda perlu mencari uninstaller untuk tencent. Caranya:

  1. Masuk ke safe mode

  2. Buka task manager dan cari semua proses berjalan yang berbahasa China

  3. Klik kanan, pilih open file location

  4. Klik kanan, pilih end task untuk semua proses berbahasa China tersebut

  5. Buka folder tencent, lalu gulir ke bawah, cari uninstaller bernama ‘uninst’

  6. Klik dua kali, lalu muncul suatu jendela

  7. Klik tombol berwarna putih

  8. Centang semua opsi yang disediakan, lalu klik tombol warna merah

  9. Klik tombol berwarna putih

  10. Kemudian proses uninstall tencent akan dijalankan

  11. Jika sudah, klik tanda X

Ada varian baru Tencent QQ yang menyebar yang mengubah posisi tombol dan antarmuka lainnya. Setelah klik dua kali pada ‘uninst’ , Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Jangan pilih opsi apapun, langsung klik tombol putih

  2. Kemudian centang semua opsi, klik tombol merah

  3. Pilih tombol yang pertama

  4. Klik tanda X

Sekian pembahasan kali ini tentang cara menghilangkan virus tencent, semoga bermanfaat! Dapatkan info menarik lain seputar dunia cyber security hanya di blog Kharisma World, ya!

Baca juga: Apa itu WinSnare? Definisi dan Cara Menghapusnya dari Komputer