Hati-Hati, Ini Cara Cek Website Penipuan Agar Terhindar dari Pencurian Data

Hati-Hati, Ini Cara Cek Website Penipuan Agar Terhindar dari Pencurian Data

Kejahatan cyber semakin hari semakin canggih. Banyak terjadi penipuan online sehingga merugikan banyak pihak. Pelaku penipuan mengerahkan segala cara untuk menjebak korban agar mereka memberikan informasi pribadi dan sensitif tanpa sadar guna memerasnya. Dalam hal ini, mereka sering menggunakan website abal-abal. Untuk itu penting bagi Anda mengenali cara cek website penipuan agar tidak terjebak.

Yup, penggunaan website abal-abal sudah bukan hal asing lagi dalam kasus penipuan digital. Pelaku sengaja mendesain website semirip mungkin dengan aslinya, sampai-sampai orang tak menyadari bahwa itu merupakan website palsu. Tak jarang mereka mengaku sebagai perusahaan besar seperti fintech, toko online, bank, atau lainnya.


Cara cek website penipuan

Internet memang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari kita semua. Namun, apabila Anda tidak aware terhadap penggunaannya, maka ini sangatlah berbahaya, sebab berkaitan dengan keamanan data pribadi. Itulah mengapa Anda tidak boleh mudah percaya terhadap suatu situs web apalagi yang sering menawarkan iming-iming hadiah. Berikut cara mengenali website asli atau palsu.

1. Menggunakan Google Transparency Report

Salah satu cara cek website penipuan atau bukan ialah melalui Google Transparency Report. Ini merupakan layanan yang disediakan oleh Google guna melihat apakah suatu website aman untuk dikunjungi. Caranya mudah, Anda tinggal meng-copy URL web dan mem-paste nya pada kolom Google Transparency Report.

2. Cek URL situs

Cek website penipuan paling mudah adalah dengan melihat URL situsnya, mulai dari nama domain, tag yang digunakan, hingga top-level domainnya. Pertama, pastikan bahwa situs tersebut memiliki tag HTTPS, dan bukan HTTP. Sebab HTTPS dinilai lebih aman dan terpercaya.

Kedua, nama domain. Di sini Anda harus jeli melihat nama domain yang digunakan oleh situs web tersebut, termasuk huruf, angka, hingga tanda hubungnya. Pasalnya seringkali mereka membuat nama domain semirip mungkin dengan web asli sehingga sulit dibedakan. Contohnya Amaz0n.net, padahal web aslinya adalah amazon.com.

Berikutnya, apabila situs menggunakan top-level domain seperti .biz, .info, dan semacamnya, maka Anda patut mencurigainya. Untuk website Kharisma World sendiri menggunakan domain .co.id, sehingga sudah dapat dipastikan aman dan kredibel.

3. Cek tanda gembok

Sebuah website bisa dikatakan aman ketika Anda menemukan ikon gambar gembok terkunci pada sebelah kiri alamat URL. Jika ikon tersebut diklik, akan muncul keterangan ‘secure connection’.

4. Perhatikan tata bahasa dan kualitas tulisannya

Cara cek website penipuan berikutnya adalah perhatikan tata bahasa dan kualitas tulisannya. Apabila website tersebut memiliki tanda baca, ejaan, kapitalisasi, dan tata bahasa yang baik serta sesuai KBBI, kemungkinan besar website tersebut aman, karena dibuat dengan sungguh-sungguh.

Beda halnya dengan situs yang mungkin banyak typo, kesalahan ketik, dan bahasa tidak tertata, maka Anda patut mewaspadainya.

5. Menawarkan benefit tidak masuk akal

Pelaku penipuan biasanya akan memberikan Anda iming-iming berupa penawaran spesial, diskon, promosi, atau hadiah namun tidak masuk akal. Sebagai contoh, hadiah 100 juta rupiah dengan syarat yang terlalu mudah.

Umumnya, apabila perusahaan resmi memberikan hadiah sebesar itu, persyaratannya pun cukup banyak dan mendetail. Misalnya harus ikut kompetisi, quiz, atau membeli produk tertentu terlebih dahulu, atau lainnya. Dan bahkan, hal tersebut akan diumumkan melalui platform resmi, seperti TV atau media sosial.

Oleh sebab itu, jika Anda diberikan penawaran hadiah besar hanya dengan mengisi formulir pribadi, maka jangan lakukan.

Itulah cara cek website penipuan atau bukan yang perlu Anda perhatikan. Terakhir, Anda bisa menggunakan antivirus terbaik guna memindai situs web mencurigakan, virus, phishing, dan malware. Seperti McAfee. Anda dapat membelinya di sini.

Baca juga: Antivirus Terbaik untuk Laptop, Amankan File & Data Pribadi Anda