File Berubah Menjadi CCC, Ini Virus yang Menyebabkannya

File Berubah Menjadi CCC, Ini Virus yang Menyebabkannya

Apabila Anda pernah menemukan file berubah menjadi CCC secara tiba-tiba, maka kemungkinan komputer Anda telah terinfeksi virus. Virus apakah itu? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak pembahasan Kharisma World berikut ini.


Mengapa file berubah menjadi CCC?

Ketika file di komputer Anda berubah menjadi ekstensi .CCC, mungkin Anda bingung mengapa hal tersebut bisa terjadi. Jadi, file berubah menjadi .CCC dapat dikarenakan perangkat terserang virus. Adapun virus tersebut termasuk ke dalam jenis ransomware. Itulah mengapa Anda tidak bisa membukanya.


Apa itu CCC ransomware?

CCC adalah program berbahaya yang masuk ke dalam kategori ransomware. Sistem yang terinfeksi malware ini mengalami enkripsi data dan penjahat cyber akan meminta tebusan kepada korban dengan alasan supaya file tersebut bisa didekripsi atau dikembalikan.

Namun, sebaiknya anda tidak memenuhi permintaan untuk membayar sejumlah uang kepada mereka. Sebab, tak ada jaminan bahwa file Anda akan kembali. Yang ada, Anda malah akan mengalami kerugian besar.


Selama proses enkripsi, semua file akan berubah ekstensinya menjadi .CCC. Jadi, jika Anda melihat file termasuk .docx, .xls, .ppt, .eps, dan lain sebagainya memiliki ekstensi .CCC, artinya Anda telah terinfeksi ransomware. Contohnya, file yang awalnya bernama x.jpg akan berubah menjadi x.jpg.ccc.


Bagaimana CCC ransomware bisa menginfeksi komputer?

Virus CCC disebarkan dengan bantuan Trojan horse. Seperti virus lainnya, CCC ransomware biasa disembunyikan di dalam lampiran email spam, permintaan pembaruan palsu, halaman ilegal, dan lain-lain. Biasanya, email ini berisi lampiran berbahaya atau situs web memang dirancang untuk mengunduh file berisi virus. Sementara alat pembaruan palsu tidak memperbarui maupun memperbaiki software apapun, melainkan hanya menginstal malware.

Virus tersebut bisa masuk ketika Anda mengklik atau membuka file berbahaya tersebut. Oleh sebab itu Anda harus lebih waspada dan berhati-hati ketika menerima email dari pengirim tak dikenal.


Cara memulihkan file berubah menjadi CCC

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat file berubah menjadi CCC adalah menghapus virus CCC itu sendiri. Perlu diketahui, upaya yang dilakukan peretas supaya Anda mau membayar sejumlah uang pada mereka adalah dengan memberikan ‘iming-iming’ kunci memulihkan file. Memang benar, Anda membutuhkan kunci untuk mengembalikan file tersebut. Namun, bukan berarti Anda harus mengikuti permintaan penjahat cyber.

Alternatifnya ialah mencoba mengembalikan file seperti ketika Anda tak sengaja menghapusnya dari komputer. Mungkin metode ini tak selalu 100% berhasil, namun tak ada salahnya mencobanya.


Cara melindungi diri dari CCC ransomware

Setelah mengetahui penyebab file berubah menjadi CCC, berikutnya Anda juga perlu paham bagaimana cara melindungi diri dari ransomware tersebut. Ini dikarenakan CCC ransomware termasuk malware berbahaya, sebab bisa merusak data-data penting Anda, seperti foto, video, maupun dokumen di dalam komputer.

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan ialah dengan tidak membuka email mencurigakan, terutama file atau tautan di dalamnya. Tak peduli apakah email tersebut menginformasikan tentang pembelian prabayar, pembayaran pajak, dan semacamnya.

Selain itu, hindari juga mengunduh program atau aplikasi dari sumber tidak terpercaya, lakukan backup file, lakukan pembaruan perangkat lunak secara rutin, serta jalankan pemindaian komputer menggunakan antivirus terbaik, seperti McAfee Total Protection.

McAfee dapat memberikan perlindungan pada perangkat Anda dengan mendeteksi, memberikan peringatan, dan menghapus setiap ditemukan ancaman. Anda bisa mendapatkan McAfee antivirus di website Kharisma World yang merupakan McAfee authorized distributor maupun marketplace seperti Shopee, JD.ID, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Jakmall.

Baca juga: Spear Phishing: Pengertian, Risiko, dan Perbedaannya dengan Phishing