Apa itu IDP Generic Virus? Berikut Pengertian dan Cara Menghapusnya

Apa itu IDP Generic Virus? Berikut Pengertian dan Cara Menghapusnya

Apa itu IDP generic virus? Banyak pengguna Windows mendapatkan peringatan bahwa IDP generic telah terdeteksi di sistem mereka dan seringkali berasal dari program yang tidak berbahaya. File ini tidak terkait dengan satu file tertentu, melainkan dapat ditemukan di mana saja seperti ketika menggunakan file python atau di suatu tempat pada folder game.

Di bawah ini merupakan hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar IDP generic dan penjelasan apakah itu aman untuk dihapus dari sistem atau tidak.

Apa itu IDP generic?

Pertama-tama, kepanjangan dari IDP adalah Identity Detection Protection. Setiap kali file bertindak seperti malware, tanda ini akan dipicu oleh antivirus Anda dan Anda akan diberi tahu. Contoh virus IDP antara lain trojan, malware perbankan, spyware, dan virus pencuri password.

Trojan dirancang untuk menyusup ke komputer Anda sehingga Anda tidak akan melihat gejala apa pun kecuali antivirus Anda mendeteksinya. Virus ini bisa datang melalui celah perangkat lunak, lampiran email yang terinfeksi atau iklan online berbahaya dan bisa mengakibatkan pencurian identitas, pencurian kata sandi, serta informasi detail bank.

Namun pada kebanyakan kasus, saat Anda melihat IDP trojan muncul, itu hanyalah false positive atau positif palsu.

Kapan IDP generic bukan false positive?

Anda tidak bisa menyatakan 100% yakin bahwa idp.generic bukanlah false positive. Ketika Anda menerima peringatan, Anda sebaiknya menjalankan pemindaian kedua untuk meyakinkannya.

Dalam arti lain, terdapat beberapa clue yang menunjukkan bahwa peringatan itu mungkin lebih dari false positive. Pertama adalah jika file yang terinfeksi berada di folder temp. Ini merupakan tujuan trojan dan malware. Apabila peringatan yang muncul mengarahkan Anda ke sini, maka sebaiknya lakukan pemindaian kedua.

Kedua, jika file yang terinfeksi dapat dijalankan. Apabila tidak berasal dari sumber terpercaya, Anda harus berhati-hati saat membukanya. File yang bisa dijalankan dalam pemindaian virus seringkali menandakan masalah. Sebab jika itu benar-benar virus, ia dapat menginfeksi sistem Anda.

Selain itu, perhatikan juga nama dari file tersebut. Apabila namanya mencurigakan, maka kemungkinan besar ancaman itu bukanlah false positive alias nyata.

Haruskan saya mengabaikan peringatan IDP generic virus?

Mengabaikan peringatan program antivirus bukanlah suatu ide yang bagus, meski nyatanya beberapa di antaranya memang false positive. Alangkah baiknya Anda mencoba program antivirus lain guna melihat apakah menandai file yang sama. Kami merekomendasikan McAfee yang mampu mendeteksi adanya ancaman pada komputer Anda.

Bagaimana cara menghapus IDP generic virus?

Apabila Anda ingin menghapus IDP generic virus dari komputer, perlu diingat bahwa Anda harus mengkonfirmasinya terlebih dahulu bahwa itu adalah virus. Sebab jika tidak, alangkah baiknya Anda membiarkannya tetap ada. Anda dapat memastikan apakah itu mengandung virus atau tidak menggunakan McAfee.

Jika ternyata memang berbahaya, Anda cukup melakukan booting ke mode aman dan lakukan pemindaian komputer secara keseluruhan melalui antivirus McAfee.

Demikianlah informasi seputar IDP generic virus yang bisa menambah wawasan Anda. Guna menghindari ancaman berbahaya lain, sebaiknya Anda lebih waspada ketika membuka email dari pengirim tak dikenal. Selain itu, menghindari akses ke website mencurigakan juga penting.

Baca juga: Cara Clean Up PC yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah