Jenis-Jenis Server Beserta Fungsinya yang Perlu Anda Tahu

Jenis-Jenis Server Beserta Fungsinya yang Perlu Anda Tahu

Dalam setiap perusahaan, bisa dipastikan hampir sebagian besar menggunakan server. Server adalah sistem komputer yang memiliki fungsi mengelola dan memonitor data dengan penyimpanan lebih luas dari komputer client. Jenis-jenis server pun ada bermacam-macam berdasarkan fungsinya. Setiap jenis server bisa dijadikan satu mesin. Dengan begitu, tiap komputer server dapat memberikan berbagai layanan.

Lalu apa saja jenis-jenis server beserta fungsinya tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Web server

Jenis server yang pertama adalah web server. Ini merupakan jaringan komputer yang hanya menerima layanan informasi dalam bentuk HTTP dan HTTPS. Search engine, blog, dan website pasti membutuhkan web server dengan tujuan file seperti .html, .php, .asp, bisa melalui pemrosesan terlebih dahulu sebelum disampaikan ke client.

Jaringan ini berfungsi untuk mengirim berkas atas permintaan pengguna sebelumnya melalui browser dengan protokol khusus. Sehingga pengguna bisa mengakses informasi berupa teks, gambar, video, dan lain-lain melalui browser.

Fax server

Jenis server yang kedua adalah Fax server. Sesuai namanya, Fax server berfungsi untuk melayani kebutuhan fax bagi client. Server ini akan membuat semua sistem pengiriman dan penerimaan fax melaluinya terlebih dahulu. Biasanya untuk mendukung kinerjanya, sebuah fax server dilengkapi dengan modem.

FTP server

FTP server adalah satu dari jenis-jenis server yang perlu Anda ketahui. FTP server atau File Transfer Protocol server memungkinkan segala permintaan bisa dijalankan dan memberikan akses data server pada satu jaringan. Akan tetapi, sistem ini sebenarnya berbahaya karena tidak melalui enkripsi dalam proses transfernya. Maka dari itu, solusinya adalah menggunakan SFTP, di mana jenis ini bisa melindungi data yang sedang ditransfer.

Mail server

Mail server adalah jenis server yang berfungsi melayani client dalam hal surat. Pada server ini, client dapat mengirimkan pesan ke client lain dalam server yang sama. Selain itu mail server juga bisa digunakan untuk bertukar pesan ke sesama pengguna dengan beberapa langkah protokol dengan file yang terdukung berupa teks, gambar, dan lain sebagainya. Fungsi lainnya yaitu mail server dapat menjadi tempat penyimpanan surat.

Proxy server

Jenis server berikutnya ini memiliki fungsi untuk memperkuat keamanan pada jaringan. Proxy server dapat menyaring permintaan kebutuhan client. Tujuannya tidak lain adalah mengamankan alamat IP pengguna saat menjelajahi internet agar terhindar dari malware. Dengan demikian, proxy server berperan penting sebagai perantara dalam menghubungkan user dengan web server.

Game server

Sesuai dengan namanya, game server cenderung digunakan oleh para gamers dan developer game. Dibuat guna menghindari masalah lag atau semacamnya saat bermain game multiplayer online. Server ini terbagi menjadi dua jenis, yakni game server internal dan eksternal. Biasanya proses penyimpanan untuk kebutuhan internal akan melalui perangkat komputer sendiri. Sedangkan pada kebutuhan eksternal akan langsung disediakan oleh developer game tersebut.

DHCP server

Jenis server selanjutnya yaitu DHCP server. DHCP adalah kependekan dari Dynamic Host Configuration Protocol. Ini merupakan jaringan yang menjalankan akses layanan penyewaan alamat IP dan informasi berbasis TCP/IP kepada client. Fungsi utama DHCP adalah memberikan layanan IP kepada client, host, atau komputer secara otomatis pada jaringan TCP/IP yang melakukan permintaan.

Demikian ulasan seputar jenis-jenis server untuk menambah wawasan Anda. Di samping yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak jenis server lain tentunya dengan fungsi masing-masing. Namun secara keseluruhan, fungsi dasarnya masih sama, yakni memberikan layanan bagi client untuk menyimpan, mengolah, menerima, dan mengirim berbagai data melalui protokol khusus.

Bagi pelaku bisnis, hal lain yang penting diperhatikan selain menggunakan server adalah memastikan perangkat aman dari ancaman virus maupun malware berbahaya. Untuk itu Anda dapat memasang antivirus laptop terbaik seperti McAfee.

Baca juga: Virtual Reality (VR): Pengertian, Manfaat, Perbedaannya dengan AR