Mengenal Penemu Virus Komputer Pertama, Tujuan, dan Sejarahnya

Mengenal Penemu Virus Komputer Pertama, Tujuan, dan Sejarahnya

Jika berbicara mengenai virus komputer, pernahkah Anda berpikir tentang siapa penemunya dan apa tujuanya membuat virus tersebut? Nah, awalnya para penemu virus komputer hanya menciptakan virus untuk proyek penelitian guna melanjutkan studi mereka dan menyempurnakan keterampilan codingnya, bukan untuk merusak komputer.

Namun, seiring berjalannya waktu hal tersebut disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal ilegal, seperti menyusupi sistem, mencuri data pribadi orang lain, bahkan merusak komputer.

Agar Anda lebih mengenal sejarah virus komputer pertama, mari simak ulasan berikut.


Sejarah virus komputer

Istilah virus pertama kali muncul pada tahun 1983, di mana seorang Fred Cohen, mahasiswa University of Southern California, sedang mengikuti seminar di Lehigh University, Pennsylvania. Dalam seminar tersebut, Cohen mendemonstrasikan cara kerja suatu program yang bisa menginfeksi komputer.

Cohen menyisipkan kode proof-of-concept ke dalam sebuah perintah UNIX yang dalam waktu 5 menit saja mampu mengambil alih kendali sistem komputer. Kemudian dalam waktu 1,5 jam, konde komputer tersebut bisa mereplikasi diri.

Pada saat itu, dosen pembimbing akademik Cohen yaitu Len Adleman menyebut program buatan mahasiswanya sebagai “virus”, karena sifatnya sama dengan virus biologis yang menyerang tubuh manusia.

Teori ini dipublikasikan dalam karya tulis berjudul “Computer Viruses - Theory and Experiments”. Cohen menjelaskan bahwa virus dideskripsikan sebagai suatu program yang mampu menginfeksi program lain dengan cara memodifikasi susunan kodenya agar dapat menggandakan diri.

Dijelaskan juga bahwa komputer yang telah terinfeksi virus bisa menyebarkan virusnya ke komputer lain. Sehingga jumlah perangkat yang terinfeksi akan terus mengalami peningkatan.


Virus komputer pertama

Walaupun istilah virus baru muncul pada tahun 1983, namun sebelum itu sudah ada kode virus yang dibuat. Tahun 1966, seorang peneliti Hungaria bernama John von Neumann menjelaskan temuannya dalam karya tulis berjudul “Theory of Self-Reproducing Automata”.

Dalam karya tersebut, Neumann berspekulasi bahwa sebuah organisme “mekanis” seperti kode komputer kemungkinan dapat merusak mesin, menduplikasi diri, dan menginfeksi host baru, layaknya virus biologis.

Seiring berjalannya waktu setelah teori Neumann diterbitkan, muncullah berbagai jenis virus komputer di dunia. Berikut penjelasannya.

1. Virus modern pertama: Creeper

Creeper menjadi virus paling pertama di dunia. Virus yang dikembangkan pada tahun 1971 ini dapat menyebar ke komputer lain melalui koneksi lokal. Penemu virus komputer Creeper adalah Bob Thomas dari BBN Technologies. Komputer yang terkena virus Creeper akan menerima pesan di layar “I’M THE CREEPER: CATCH ME IF YOU CAN”.

Creeper sebenarnya dirancang sebagai tes keamanan untuk melihat apakah program yang dapat mereplikasi diri itu benar terjadi. Oleh karenanya virus tersebut dianggap tidak berbahaya. Ia hanya berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya tanpa menggandakan diri.

2. Wild virus pertama: Elk Cloner

Penemu virus komputer Elk Cloner adalah seorang remaja berusia 15 tahun bernama Richard Skrenta pada tahun 1982 yang bertujuan hanya sebagai lelucon. Elk Cloner disebut sebagai wild virus pertama karena virus ini pertama di dunia yang bisa tersebar bebas dan luas.

Ia tersebar melalui floppy disk yang pada waktu itu umumnya berisi game. Komputer yang telah terinfeksi Elk Cloner akan memunculkan pesan berupa puisi di layar.

3. Virus PC pertama: Brain

Brain adalah virus komputer pertama yang dibuat untuk menginfeksi PC buatan IMB dengan cara mengeksploitasi Microsoft Windows. Penemu virus komputer ini ialah dua bersaudara, Basit dan Amjad Farooq Alvi, yang mengelola toko komputer di Pakistan.

Bosan dengan pelanggan yang sering membuat salinan ilegal dari software mereka, akhirnya mereka menciptakan Brain untuk melindungi softwarenya, yang menggantikan sektor boot floppy disk dengan virus. Virus tersebut berisi pesan hak cipta tersembunyi, namun tidak merusak data apapun.

4. Virus komputer perusak pertama: Vienna

Jika virus-virus di atas tidak bersifat merusak, maka beda halnya dengan Vienna. Virus yang lahir pada tahun 1988 di Vienna, Austria ini memiliki banyak sekali varian berbeda, contohnya Vienna.Ambalama, Vienna.Born, Vienna.Bua, dan lain sebagainya. Vienna menyerang seluruh file tipe .com yang ada di dalam sistem komputer DOS.

Orang pertama yang mendeteksi keberadaan Vienna virus adalah Franz Swoboda. Ia mengaku mendapatkan virus tersebut dari Ralf Burger. Namun, Ralf Burger menyangkal pernyataan tersebut dan malah menyatakan sebaliknya. Sehingga sampai sekarang belum diketahui secara pasti siapa sebenarnya penemu virus komputer Vienna.

Itulah penjelasan tentang sejarah virus komputer dan para penemu virus komputer yang bisa menambah wawasan Anda. Hingga saat ini, virus komputer terus mengalami perkembangan. Bahkan sejak 2001, banyak virus baru bermunculan untuk membuat kerusakan dan kekacauan di dunia digital.

Oleh sebab itu, kita semua wajib berhati-hati dan waspada, terlebih saat mengakses internet. Dewasa ini banyak virus disebarkan melalui internet, entah itu melalui email, website palsu, tautan, dan sebagainya.

Guna melindungi perangkat Anda dari ancaman virus, Anda bisa memasang antivirus terbaik dan terpercaya dari McAfee. Dapatkan sekarang juga di website Kharisma World!

Baca juga: Pengertian Virus Shortcut dan Cara Mengatasinya