Perbedaan HDD dan SSD, Manakah yang Lebih Baik?

Perbedaan HDD dan SSD, Manakah yang Lebih Baik?

SSD atau Solid State Drive adalah media penyimpanan komputer yang kini dinilai lebih baik dibandingkan HDD atau Hard Disk Drive. Mengapa demikian? Perbedaan HDD dan SSD paling jelas bisa dilihat dari ukuran serta bentuknya. SSD memiliki bentuk dan ukuran lebih ringkas jika dibandingkan HDD yang berdimensi besar.

Selain itu, masih ada banyak perbedaan HDD dan SSD lainnya yang dapat Anda jadikan referensi sebelum memutuskan membelinya.

Pengertian HDD dan SSD

Kepanjangan dari HDD adalah Hard Disk Drive. Sesuai namanya, di dalam HDD terdapat cakram atau piringan magnetis sebagai tempat menyimpan data. Ketika HDD bekerja, piringan akan berputar. Jika Anda membeli HDD, biasanya akan terlihat informasi kecepatan putar, misalnya 7200 rpm.

Sedangkan SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. SSD menggunakan sirkuit yang disusun sebagai memori untuk menyimpan data secara tetap. Tidak seperti HDD yang memiliki teknologi mekanik, SSD justru murni menggunakan elektrik.

Perbedaan HDD dan SSD

Nah, dari pengertian HDD dan SSD di atas, tentunya Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai perbedaan di antara keduanya. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.

1. Dari segi cara kerja

Perbedaan HDD dan SSD yang paling mendasar adalah dari segi cara kerjanya. Pada HDD, cara kerjanya memanfaatkan perpaduan antara sistem mekanik dan elektrik sebagai komponen penunjang performa. Sementara SSD lebih ke sistem full elektrik tanpa adanya bagian yang bergerak saat beroperasi.

2. Dari segi kapasitas

Perbedaan HDD dan SSD berikutnya yaitu kapasitas. Saat ini HDD memiliki pilihan kapasitas yang jauh lebih besar daripada SSD. Adapun pilihannya mulai dari 500 GB, 1 TB, sampai 10 TB. Sedangkan kapasitas SSD masih cukup terbatas.

3. Dari segi kecepatan

Perbedaan HDD dan SSD yang sangat mencolok juga dapat dirasakan dari kecepatannya. Karena HDD menggunakan piringan dan tuas untuk mengakses data, maka waktu yang dibutuhkan dalam proses booting kurang lebih 30-40 detik serta rata-rata kecepatan transfer datanya bisa sekitar 200 MB/s.

Berbeda dengan SSD yang kecepatannya lebih tinggi karena tidak punya komponen bergerak. Untuk proses booting, SSD hanya perlu waktu sekitar 10-13 detik dan kecepatan transfer data bisa mencapai 200 MB/s hingga 2500 MB/s. Faktor ini menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak orang akhirnya rela merogoh kocek lebih dalam demi beralih dari HDD ke SSD.

4. Suara

Jika Anda mendengar suara bising saat komputer sibuk bekerja, bisa jadi itu berasal dari piringan HDD yang berputar. Sementara jika menggunakan SSD, Anda tidak akan mendengar suara semacam itu karena sifatnya non-mekanis.

5. Ketahanan

Ketahanan juga menjadi perbedaan HDD dan SSD yang sering dijadikan pertimbangan. Sekali lagi, karena HDD bersifat mekanis maka hal tersebut menyebabkan data di dalamnya kemungkinan bisa bergeser (dikenal dengan istilah fragmentation). Jika HDD terkena guncangan, maka komponen akan ikut melemah.

Sedangkan SSD bersifat non-mekanis, sehingga komponennya yang rapat membuatnya lebih tahan terhadap guncangan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa ketahanan SSD lebih baik dibandingkan HDD.

6. Bentuk dan ukuran

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari bentuk dan ukurannya. HDD mempunyai dimensi lebih besar dari SSD sebab di dalamnya terdapat piringan. Tidak dengan SSD di mana bentuk serta ukurannya jauh lebih praktis bahkan tidak ada batasan.

7. Harga

Terakhir, jika dilihat dari segi harga, maka HDD adalah pemenangnya. Yup, hingga kini harga HDD masih terbilang jauh lebih terjangkau daripada SSD, karena SSD masih tergolong teknologi baru. Sebagai perbandingan, harga HDD berkapasitas 1TB bisa setara dengan SSD berkapasitas 250GB.

Itulah informasi tentang perbedaan SSD dan HDD yang perlu Anda ketahui. Saat ini penggunaan SSD memang lebih direkomendasikan, terlebih jika Anda butuh performa laptop yang cepat, akses pencarian file lebih mudah, serta tahan goncangan.

Baca juga: Cara Mudah Menghapus Virus Autorun di Komputer dan Flashdisk