Mengenal Pengertian Server, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Mengenal Pengertian Server, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Sebagai pengguna gadget dan internet, seberapa besar pemahaman Anda tentang apa itu server? Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum paham dengan istilah tersebut. Padahal secara tidak sadar Anda telah menggunakannya. Server adalah bagian dari dunia IT yang berperan penting.

Bagaimana tidak, server merupakan sistem komputer yang bisa menyimpan data untuk kebutuhan client. Maka jangan heran jika fisik server berwujud jaringan komputer dengan ukuran sangat besar dan dilengkapi komponen pendukung prosesor serta RAM yang berkapasitas besar pula.

Nah, untuk memahaminya lebih jauh, langsung saja simak pembahasan berikut.

Apa itu server?

Server adalah sistem komputer yang memiliki layanan berupa penyimpanan data. Data yang disimpan tersebut terdiri dari informasi dan dokumen yang kemudian akan digunakan untuk melakukan berbagai layanan. Mulai dari menampilkan website, menerima atau mengirim email, dan lain sebagainya.

Fungsi server

Beberapa fungsi server adalah sebagai berikut.

1. Melayani permintaan dari komputer client

Salah satu fungsi server adalah melayani permintaan komputer client, baik itu permintaan data maupun aplikasi. Guna mendukung fungsi ini, server biasanya menggunakan sistem operasi yang cepat dan aman.

2. Menyimpan data atau informasi

Fungsi lain dari server adalah menyimpan data atau informasi yang dikirimkan client. Data tersebut bisa berupa dokumen yang kompleks. Hal ini mengharuskan server untuk memiliki kapasitas yang besar supaya dapat menampung data banyak.

3. Mengatur traffic transfer data

Server juga berfungsi mengatur traffic atau lalu lintas transfer data pada client. Sehingga, Anda bisa membayangkan bagaimana sibuknya server ketika banyak client mengajukan request. Tak heran jika perangkat server biasanya memiliki kapasitas harddisk dan RAM yang tinggi.

4. Menyediakan database untuk dijalankan

Fungsi selanjutnya dari server adalah menyediakan database sebagai penyimpan dan pengolah data. Biasanya, fungsi ini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang menerapkan big data. Dengan begitu, mereka dapat lebih mudah mengembangkan produk bisnisnya.

5. Mengamankan dari serangan kejahatan

Terakhir, mengamankan komputer atau website dari serangan kejahatan merupakan fungsi server yang jarang diketahui. Setiap ada permintaan dari client, server akan mengecek alamat IP dan informasi lainnya. Jadi, apabila ditemukan hal-hal mencurigakan, server akan mencegah akses alamat IP tersebut, sehingga data pada komputer atau website dapat tetap aman.

Jenis-jenis server

Server adalah sistem komputer yang terdiri dari beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

  • Web server

  • Mail server

  • Application server

  • Database server

  • FTP server

  • DHCP server

  • File server

  • Proxy server

  • Streaming server

  • Game server

Bagaimana cara kerja server?

Nah, setelah mengetahui pengertian server, sekarang mari kita bahas cara kerjanya. Sederhananya, cara kerja server adalah dimulai ketika ada permintaan dari client yang terhubung dalam satu jaringan.

Komputer client akan meminta data atau layanan kepada server. Setelah diterima, server akan memproses lalu hasilnya dikirimkan kembali ke komputer client.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuka website Kharisma World, Anda akan mengetikkan www.kharismaworld.co.id pada browser. Saat itu juga, browser akan meminta informasi mengenai website Kharisma World ke web server.

Web server akan mencari data identitas website atau IP address pada server DNS. Setelah itu, barulah informasi dikirimkan pada browser untuk ditampilkan ke Anda.

Nah, itu dia informasi tentang server yang akan menambah wawasan Anda. Server adalah sistem komputer dengan berbagai jenis yang bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Misalnya proxy server adalah perangkat yang menyediakan layanan proxy, sehingga memungkinkan Anda mengakses jaringan internet dengan IP berbeda dari IP asli yang terdapat di perangkat Anda.


Baca juga: Mengenal Apa Itu Proxy Server, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerjanya