SSL Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

SSL Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

SSL adalah perlindungan yang penting untuk website. Jika membahas tentang keamanan di internet, maka SSL adalah salah satu yang cukup banyak diperbincangkan. Namun sebenarnya apakah yang dimaksud dengan SSL dan sebesar apa kontribusinya terhadap keamanan sebuah website? Mari kita bahas dengan lengkap di artikel ini.


Pengertian SSL

SSL atau Security Socket Layer adalah perangkat keamanan yang membuat jalur terenkripsi antara website dengan web browser. Website yang sudah terlindungi dengan SSL dapat dibedakan dengan penggunaan https di depannya. Sementara jika masih menggunakan http berarti website tersebut belum terlindungi. 

SSL sering diibaratkan seperti pagar yang mengelilingi dan melindungi sebuah rumah. Keberadaan SSL akan melindungi website dari berbagai aktivitas kejahatan siber.


Fungsi SSL 

Dilihat dari pengertiannya saja, SSL adalah salah satu hal yang penting untuk memastikan sistem keamanan sebuah website. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 2 fungsi utama SSL:

Mengenkripsi Data 

Jalur komunikasi antara website dan web browser adalah tempat yang rentan untuk berlangsungnya berbagai kejahatan siber. Kejahatan yang paling banyak terjadi adalah pencurian data. Selain itu para hacker juga kerap beraksi untuk membahas situs atau menyebarkan virus.

Keberadaan SSL akan membuat jalur komunikasi tersebut terenkripsi dan terlindungi. Oleh karena itu sangat penting bagi para webmaster untuk melindungi webnya dengan SSL Certificate.

Melindungi Website dari Aksi Pembajakan

Tak hanya mengenkripsi protokol komunikasi, SSL juga dapat melindungi website dari kejahatan seperti pembajakan. Tapi tentu saja untuk memaksimalkan fungsi ini pemilik web tetap harus memasang firewall dan perangkat perlindungan lainnya.


Manfaat Lain dari SSL

Meskipun SSL adalah sistem yang didesain untuk tujuan keamanan, ternyata ada manfaat lain yang bisa dirasakan oleh pemilik web jika melengkapi websitenya dengan SSL certificate. Manfaat tersebut antara lain adalah:

Meningkatkan SEO Score

SEO atau Search Engine Optimization adalah hal yang penting bagi sebuah website. Website yang score SEOnya baik memiliki peluang lebih tinggi untuk muncul di halaman pertama Google. Nah, keberadaan SSL ternyata bisa turut meningkatkan score SEO sebuah website.

Membuat Website Terlihat Lebih Kredibel

Tidak menggunakan SSL pada website yang dikelola bisa menjadi indikasi bahwa pengelola tidak benar-benar serius dalam menjalankan bisnisnya. Sementara jika menginstal SSL maka website tersebut akan terlihat lebih kredibel. Jangan sampai Anda kehilangan calon pelanggan hanya karena website yang dikelola terlihat kurang meyakinkan. 

Memenuhi Syarat Transaksi Online

Website yang memungkinkan terjadinya transaksi jual beli wajib memiliki SSL certificate. Hal ini untuk memastikan tak ada kerugian baik untuk pihak penjual maupun pembeli. Tanpa SSL transaksi akan sulit dilakukan dan rawan terjadi kejahatan. Pembeli juga kemungkinan besar tidak bisa percaya jika online shop yang diakses tidak diawali dengan https.


Jenis Jenis SSL

SSL adalah piranti keamanan yang cukup banyak jenisnya. Jenis yang cukup banyak ditemui adalah:

  • SSL Single Domain 

  • SSL Wildcard

  • SSL Multi Domain

  • Unified Communication Certificates

  • Domain Validated SSL 

  • Organization Validated SSL 

  • Extended Validated SSL 

Pemilihan jenis SSL harus disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing web master. Dewasa ini biasanya penyedia domain juga sudah menyediakan pemasangan SSL sehingga webmaster tak perlu pusing mencari ke pihak lain. 

Terlepas dari keberadaan SSL yang membuat website semakin aman, pengguna tetap harus memproteksi diri sendiri misalnya dengan antivirus. Temukan antivirus terbaik dari mcafee di sini.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Untuk Cek Website Aman atau Tidak