Pengertian Worm Komputer, Struktur, Risiko, dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pengertian Worm Komputer, Struktur, Risiko, dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apakah Anda familiar dengan istilah worm komputer (atau dalam Bahasa Inggris disebut computer worm)? Meskipun tidak berbentuk secara harfiah, tapi seperti namanya cacing yang satu ini sedikit banyak akan mengganggu kinerja komputer Anda.

Istilah worm komputer sendiri diperkenalkan oleh Jon Shoch dan dan Jhon Hupp, 2 orang ilmuwan komputer, pada tahun 1971. Istilah worm ini terinspirasi dari sebuah novel fiksi ilmiah berjudul “The Shockwave Rider”. Novel tersebut menceritakan seorang jenius yang memenuhi komputer dengan program bernama “tapeworm” untuk bisa memutus kendali pemerintah terhadap warga negaranya.

Meskipun istilah gangguan komputer yang satu ini kalah populer dengan isitilah virus dan malware, ada baiknya Anda tetap memiliki pengetahuan yang cukup. Simak beberapa penjelasan mengenai cacing komputer di bawah ini, ya!

Pengertian Worm Komputer

Worm atau cacing komputer adalah sebuah program yang dapat menggandakan dirinya sendiri di dalam sistem komputer, tentunya dalam pengertian yang negatif. Proses penggandaan worm sendiri dapat terjadi tanpa campur tangan Anda sebagai user. Hal itu dapat terjadi karena worm dapat memanfaatkan jaringan internet yang terkoneksi dengan komputer.

Struktur dan Cara Kerja Worm Komputer

Sebuah worm yang masuk dan berkembang di dalam sistem komputer setidaknya memiliki 5 struktur, yaitu:

Reconnaissance

Reconnaissance bertugas seperti pembuka jalan yang akan berusaha menemukan titik-titik pada saja pada sebuah komputer yang bisa dijadikan tempat untuk menggandakan diri.

Attack

Setelah reconnaissance menjalankan tugasnya, struktur attack akan memulai serangan pada sistem dalam bentuk heap overflow, string format, dan lain-lain.

Communications

Struktur ini memungkinkan hasil penggandaan diri dapat berkomunikasi satu sama lain agar dapat menjangkiti sistem dengan lebih masif.

Command

Fungsi struktur ini hampir sama dengan struktur communications. Bedanya, dengan struktur ini masing-masing worm komputer yang sudah menyebar akan mendapatkan perintah yang sama untuk menyusupi sistem.

Intelligent

Struktur terakhir ini memainkan peranan penting untuk memantau dan mengendalikan kondisi worm di setiap titik.

Cara kerja secara sederhana sudah digambarkan oleh masing-masing struktur di atas, yakni dengan masuk ke sistem lalu menggandakan diri dan menyebar ke berbagai titik di dalam sistem. Namun ada 1 perbedaan yang cukup mencolok antara worm dan virus.

Virus secara langsung masuk ke sistem untuk merusak sistem tersebut. Sementara worm hanya menyebarkan diri tanpa bisa merusak sistem atau file-file yang ada di dalam komputer secara langsung.

Efek yang Ditimbulkan Oleh Worm Komputer

Meskipun tidak merusak sistem komputer secara langsung, bukan berarti worm komputer tidak perlu dibersihkan. Jika dibiarkan terus, lama kelamaan keberadaan worm bisa membuat kinerja komputer menurun misalnya. Pada awalnya mungkin dampak yang paling terasa adalah komputer jadi lebih lambat, namun lama kelamaan bisa jadi komputer mengalami kerusakan yang lebih parah.

Cara Membersihkan Worm Komputer

Perlu dipahami bahwa worm komputer bisa muncul karena adanya celah pada sistem keamanan di komputer Anda. Jadi salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi worm adalah dengan menutup celah keamanan tersebut.

Menutup celah keamanan bisa dilakukan dengan mengupdate semua program di dalam komputer. Itulah mengapa update sistem secara berkala sangat diperlukan.

Setelah mengupdate program secara rutin, jangan lupa untuk memasang anti virus sebagai proteksi tambahan. McAfee antivirus memiliki banyak pilihan sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Lindungi komputer Anda segera sebelum kinerjanya menurun karena worm komputer.

Baca juga: Apa itu Virus Backdoor, Bahay, dan Cara Menghindarinya