8 Cara Membersihkan Virus di Komputer, Cepat dan Ampuh!

8 Cara Membersihkan Virus di Komputer, Cepat dan Ampuh!

Ketika laptop Anda terkoneksi dengan internet, kemungkinan terancam virus sangatlah besar. Ini dikarenakan internet menjadi salah satu media penyebaran virus yang efektif. Maka dari itu tak heran jika banyak orang mencari cara membersihkan virus di komputer yang ampuh.

Selain menggunakan antivirus laptop terbaik, ada beberapa metode yang dapat dicoba untuk membersihkan virus atau malware tersebut. Penasaran? Simak dulu informasi di bawah ini sampai habis, ya!

Cara membersihkan virus di komputer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam artikel ini akan dibahas tentang cara membersihkan virus di komputer secara ampuh.

1. Pastikan sudah mem-backup file Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan virus di komputer yakni memastikan bahwa file Anda sudah ter-backup di harddisk eksternal atau cloud. Hal ini penting guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti serangan malware. Dengan begitu, data-data penting Anda akan tetap aman.

2. Putuskan koneksi internet

Cara membersihkan virus di komputer berikutnya yakni segera putuskan koneksi internet Anda jika muncul tanda-tanda serangan malware. Apabila koneksi internet terputus, maka tak akan terjadi transmisi data dari komputer Anda ke pihak lain melalui internet.

3. Aktifkan safe mode

Sebelum membersihkan virus di komputer, ada baiknya Anda mengaktifkan safe mode terlebih dahulu. Mengaktifkan safe mode adalah cara yang bisa digunakan untuk menjalankan Windows ketika akan memperbaiki kerusakan di perangkat akibat serangan malware. Lantas bagaimana cara menjalankannya?

  • Restart komputer atau laptop

  • Tekan F8 di keyboard

  • Akan muncul berbagai pilihan Safe mode, yakni Safe mode (tanpa jaringan internet), Safe mode with networking (dengan jaringan internet), dan Safe mode with command prompt

  • Pilih Safe mode

4. Hapus temporary files

Cara membersihkan virus di komputer selanjutnya yaitu melakukan pemindaian atau scanning secara menyeluruh. Pertama, hapus temporary files di perangkat Anda. Tujuannya adalah meringankan disk space, mempercepat proses scanning, dan menghapus beberapa file malware.

Apabila Anda menggunakan Windows 10, mulailah dengan menghapus temporary files menggunakan fitur Disk Cleanup. Caranya mudah, cukup ketik Disk Cleanup pada search bar. Lalu pilih drive yang ingin dibersihkan.

5. Scan perangkat menggunakan anti malware

Memasang antivirus laptop terbaik adalah langkah yang tepat untuk menghapus virus di komputer. Salah satu antivirus terbaik yang dapat melindungi perangkat Anda dari virus maupun malware secara ampuh yaitu McAfee security.

Biasanya proses scanning ini berlangsung selama 15 menit sampai 1 jam. Jika proses tersebut sudah selesai, maka secara otomatis malware akan terhapus.

6. Menggunakan Windows Defender

Pada dasarnya, pengguna Windows sudah dibekali dengan software anti malware bawaan, yakni Windows Defender. Cara membuka Windows Defender adalah sebagai berikut:

  • Klik Settings

  • Klik Update & Security

  • Windows Defender

Atau, Anda juga bisa langsung mengetik Windows Defender pada search bar. Setelah itu:

  • Pilih Open Windows Defender Security Center

  • Virus & threat protection

  • Advanced scan

7. Hapus program tidak dikenal

Setelah proses pemindaian dan penghapusan malware selesai, kini saatnya Anda menyeleksi berbagai file yang ada pada komputer Anda. Lihatlah apakah ada program atau software yang mencurigakan. Jika ada, segera hapuslah software tersebut. Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  • Buka File Explorer

  • Klik This PC

  • Computer

  • Uninstall or change a program

  • Atau buka melalui Windows Settings, lalu klik Apps

8. Reset browser

Karena malware sering muncul dari unduhan browser, maka cara membersihkan virus di komputer juga berkaitan dengan browser. Anda dapat melakukan reset browser, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.

Itulah 8 cara membersihkan virus di komputer yang dapat Anda terapkan sendiri. Jika virus berhasil terhapus, selanjutnya Anda bisa melakukan pencegahan supaya malware tidak masuk lagi dengan memasang proteksi terbaik dari McAfee. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 10 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya, Anda Wajib Waspada!