Apa itu Adware? Berikut Pengertian dan Cara Menghilangkannya

Apa itu Adware? Berikut Pengertian dan Cara Menghilangkannya

Pasti menjengkelkan rasanya ketika sedang asik membaca artikel, lalu tiba-tiba muncul pop up iklan dengan konten random. Hati-hati, jangan langsung mengkliknya karena bisa jadi itu adware. Adware adalah singkatan dari advertising supported software. Ini merupakan sebuah malware yang dapat membagikan iklan secara otomatis.

Adware adalah perangkat lunak yang bisa mengurangi produktivitas kerja dan performa perangkat. Supaya Anda tidak menjadi korbannya, mari simak penjelasan tentang apa itu adware beserta cara menghilangkannya.

Apa itu adware?

Adware berasal dari kata Ad yang berarti iklan, dan ware yang berarti perangkat. Pengertian adware adalah sebuah software yang dikembangkan untuk membagikan iklan online secara otomatis dalam user interface sebuah software.

Adware merupakan golongan malware atau software berbahaya karena berpotensi mengganggu dan mendistribusikan data pribadi pengguna.

Saat ini, adware adalah salah satu metode yang dilakukan untuk mencari penghasilan dari iklan. Caranya yakni melalui impression display iklan yang ditayangkan maupun metode pay per click (PPC).

Ada banyak contoh adware di sekitar kita, salah satunya yaitu adware di browser yang dapat menginstall sendiri dan mengganti search engine default Anda.

Jenis adware

Adware dibagi menjadi dua jenis, yaitu adware komputer dan android. Berikut penjelasannya.

Adware komputer

Jenis adware yang menyerang komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun MacOS umumnya berasal dari menginstall aplikasi ilegal. Kelalaian pengguna menjadi alasan utama masih sering ditemukannya adware dalam komputer.

Adware android

Tak hanya komputer, smartphone berbasis Android pun bisa terjangkit adware karena sering browsing dan mengakses situs-situs tidak jelas. Tanpa Anda sadari, pemilik website bisa saja memasang adware ke website mereka. Namun karena sistem keamanannya belum optimal dan belum bersertifikat SSL, maka malware akan lebih mudah masuk.

Jika smartphone Anda terkena adware biasanya akan ditandai dengan performanya lambat, muncul banner pop up iklan di layar secara tiba-tiba, bahkan mendownload aplikasi sendiri.

Dampak yang ditimbulkan adware

Sebenarnya dampak yang ditimbulkan adware adalah paling besar berada pada sisi user experience. Cara kerjanya yang menampilkan iklan secara massive dan ilegal dapat membuat pengguna merasa terganggu.

Di samping itu, adware juga memberikan dampak pada produktivitas user. Pasalnya ketika laptop atau HP digunakan, biasanya secara tiba-tiba muncul iklan pop up. Terlebih lagi konten yang ditampilkan sangat disruptif, mulai dari banner dewasa, penawaran kartu kredit, bahkan konten judi.

Cara menghilangkan adware di laptop atau Android

Guna mengatasi adware yang terlanjur terpasang, berikut cara yang dapat Anda lakukan.

1. Hapus adware

Cara menghilangkan adware di Android maupun laptop adalah dengan menghapusnya. Periksalah aplikasi yang terpasang di HP atau laptop lalu uninstall aplikasi yang diduga mengandung adware.

Selain menggunakan antivirus, Anda juga dapat menghapus adware menggunakan alat yang ada di komputer, yaitu AdwCleaner atau Malwarebyte Anti-Malware Tool.

2. Pasang antivirus terupdate

Cara berikutnya yang paling penting adalah pasanglah antivirus terupdate. Antivirus merupakan salah satu solusi mengatasi adware yang berisi malware berbahaya. Anda bisa menggunakan antivirus terbaik untuk laptop maupun HP dari McAfee, karena sudah dilengkapi fitur lengkap dan memberikan perlindungan terpercaya.

3. Waspada dan lebih teliti

Sebelum memasang aplikasi atau game, alangkah baiknya Anda selalu membaca pedoman dan peraturannya. Selain itu, hindari situs yang menampilkan terlalu banyak iklan.

Itu dia pengertian dan cara mengatasi adware yang perlu Anda ketahui. Adware adalah software yang dapat mengganggu user experience, jadi penting bagi Anda untuk memberikan perlindungan pada perangkat komputer maupun smartphone, salah satunya yakni dengan memasang antivirus.

Baca juga: Ini Dia Pengertian Spyware, Jenis, dan Cara Jitu Mencegahnya