Amulec Adalah Ekstensi Berbahaya, Begini Cara Atasinya

Amulec Adalah Ekstensi Berbahaya, Begini Cara Atasinya

Mungkin beberapa dari Anda pernah menemukan sebuah ekstensi yang tiba-tiba terpasang di browser padahal Anda tidak merasa menginstalnya. Biasanya itu merupakan ekstensi yang sudah dibundel dengan freeware tanpa persetujuan pengguna melalui pengunduh dan penginstalnya. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu perangkat lunak yang mungkin tak diinginkan, yaitu amulec.

Amulec adalah program yang berkaitan erat dengan Winsnare. Masalah utama yang ditimbulkan program tersebut yaitu memunculkan pemberitahuan tak diinginkan pada browser Chrome, Firefox, maupun Explorer. Lebih lanjut tentang amulec, mari simak pembahasannya di bawah ini.


Apa itu amulec?

Seperti telah disinggung di atas, amulec adalah sebuah ekstensi browser yang merupakan salah satu potentially unwanted program (PUP). Amulec menampilkan publisitas dalam jumlah besar. Iklan ini bisa dalam berbagai bentuk, seperti banner, kupon, pop up, tautan ke situs iklan, dan lain sebagainya.

Sekilas amulec adalah ekstensi yang mungkin terlihat sangat membantu. Namun, hal tersebut salah. Amulec mencoba memaksa pengguna mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tak ada apa-apanya. Selain itu, amulec juga menambahkan entri registri, mengubah pengaturan komputer, beranda, dan search engine Anda, mengganti hasil pencarian, mengarahkan Anda ke situs iklan, dan lain-lain.

Intinya, amulec adalah program yang sangat berbahaya sehingga Anda lebih baik segera menghapusnya.


Bagaimana cara amulec masuk ke PC?

Perangkat lunak berbahaya menyusupi komputer secara bundel dengan program yang gratis. Perangkat lunak tersebut masuk ke komputer tanpa persetujuan Anda sebagai pengguna dan menyebabkan kerusakan yang tak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, Anda sebenarnya bisa mencegah amulec menyusup dengan cara mengikuti proses instalasi dengan cermat dan tidak berburu-buru.

Bacalah perjanjian pengguna secara keseluruhan, dan jangan menyetujui untuk menginstal software yang mencurigakan. Pilihlah tipe instalasi penuh atau lanjutan alih-alih memilih instalasi cepat. Kemudian hal yang juga penting Anda lakukan guna mencegah penyusupan amulec adalah membaca ulasan tentang program yang akan Anda unduh.


Cara menghapus amulec dari komputer

Terdapat beberapa cara menghapus amulec dari komputer yang dapat Anda coba. Cara berikut pun sangat mudah sehingga Anda sebagai pemula bisa melakukannya. Simak yuk!

Menghapus amulec melalui browser

Pada browser, Anda bisa menghapus amulec melalui langkah-langkah di bawah ini. Langkah berikut adalah pada Google Chrome, namun umumnya pada browser lain caranya hampir sama.

  1. Buka Google Chrome

  2. Tekan Alt + F

  3. Klik More Tools

  4. Pilih Extensions

  5. Cari amulec

  6. Klik Remove

Menghapus amulec melalui control panel

Tak hanya melalui browser, Anda juga dapat menghapus amulec melalui control panel. Berikut caranya.

  1. Tekan tombol Windows atau klik Start untuk membuka Start menu

  2. Klik Settings

  3. Klik App & features

  4. Cari program amulec, lalu klik dan Uninstall

  5. Klik Uninstall untuk mengonfirmasi

Demikian penjelasan tentang apa itu amulec, cara kerja, hingga cara menghapusnya pada komputer. Perlu diingat, amulec adalah program yang berbahaya, jadi alangkah baiknya Anda segera menghapusnya bila merasakan tanda-tanda keberadaannya. Selain itu, sebagai pencegahan Anda juga perlu berhati-hati saat mengakses internet, khususnya mengunduh software gratis. Bacalah terlebih dahulu semua perjanjian penggunanya, dan pastikan Anda mengunduhnya dari website yang terpercaya.

Sebagai pengguna komputer yang setiap harinya berkutat dengan internet, kami merekomendasikan Anda untuk memasang perlindungan terbaik untuk komputer, seperti McAfee antivirus. Untuk berlangganan, Anda dapat mengunjungi marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, maupun melalui website Kharisma World.

Baca juga: Cara Mudah Menghapus Virus Trotux di Browser