Apa itu Image Repair dan 5 Software untuk Memperbaikinya

Apa itu Image Repair dan 5 Software untuk Memperbaikinya

Foto menyimpan banyak kenangan bagi setiap orang. Sebuah foto bisa membawa kita bernostalgia ke masa lalu ketika kita masih muda, berkumpul bersama teman-teman di sekolah, saat berkumpul bersama keluarga, dan sebagainya. Sehingga pasti akan sangat menjengkelkan apabila file foto rusak. Untuk itu, saatnya Anda mengenal apa itu image repair dan tools-nya.

File foto rusak dapat dikarenakan banyak hal, mulai dari terkena virus, komputer crash, pemulihan file yang salah, format penyimpanan, serangan hacker, dan masih banyak lagi. Tak peduli seberapa besar perhatian Anda, situasi seperti ini bisa terjadi pada siapa saja. Apabila itu terjadi pada Anda, maka jangan langsung panik, sebab ada banyak software image repair atau perbaikan gambar yang dapat Anda gunakan.

Yup, beberapa perangkat lunak image repair dapat membantu memperbaiki foto digital Anda dalam waktu singkat. Selain mengembalikan foto, ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas gambar, sehingga gambar Anda tidak akan lagi terdistorsi atau kabur. Alat perbaikan foto dapat mendukung berbagai perangkat dan sistem operasi, termasuk Mac, Windows, memory stick, kartu SD, flash drive USB, kamera digital, dan masih banyak lagi.

Selain itu, perangkat lunak image repair modern mendukung berbagai jenis file seperti JPEG, TIFF, ARW, SRF, CRW, RW2, dan lain-lain. Banyak alat juga membantu memuat banyak foto secara bersamaan untuk diperbaiki, dan Anda dapat mempratinjaunya sebelum menyimpannya ke perangkat Anda. Menariknya adalah mereka mudah digunakan, bahkan oleh siapa saja dengan keterampilan komputer dasar.

Nah, di bawah ini merupakan software image repair yang dapat kamu gunakan.

1. Stellar Repair

Jika file foto Anda rusak, maka software pertama yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki gambar adalah Stellar Repair. Ini merupakan alat yang ampuh guna memulihkan gambar rusak dan membuatnya jelas serta tajam. Stellar repair bisa memperbaiki gambar buram, abu-abu, pixelated, terdistorsi, hingga memperbaiki struktur file tidak valid dari foto yang rusak.

Software ini mendukung drive komputer Windows dan Mac, memory stick, kartu SD, USB flash drive, dan media penyimpanan dalam drone, CCTV, kamera, smartphone Android, dan sebagainya.

Stellar Repair dapat memperbaiki format gambar RAW seperti CR2, DNG, NEF, ORF, RW2, SRF, TIFF, SR2, RAF, PEF, NRW, HEIC, MRW, CR3, ARW, ERF, dan CRW. Kemudian terdapat fitur pratinjau gambar setelah menyelesaikan pekerjaan perbaikan sebelum menyimpannya di folder mana pun dan memberikan gambar yang jelas di perangkat apapun yang Anda gunakan.

Software image repair ini aman dan Anda akan terhindar dari malware, Trojan, maupun virus ketika mengunduhnya.

2. PixRecovery

Software image repair berikutnya adalah PixRecovery. Aplikasi ini memperbaiki file GIF, JPEG, PNG, RAW, BMP, atau TIFF yang rusak. Anda bisa menyimpan foto yang telah dipulihkan ke dalam file asli atau image baru dengan file .bmp sesuai pilihan Anda.

Anda memerlukan setidaknya 10MB ruang kosong di sistem Anda untuk menginstal perangkat lunak ini. Tergantung pada ukuran dan jangkauan gambar, Anda memerlukan RAM dari 256 hingga 1024 MB. Sistem Anda juga harus memiliki resolusi 640 x 480 atau lebih tinggi dan 256 warna. Anda dapat mencoba alat ini secara gratis dengan mengunduhnya atau menggunakannya secara online.

3. Tenorshare

Tenorshare adalah software image repair yang patut Anda pertimbangkan. Software ini membantu memulihkan banyak foto dengan langkah mudah dan memperbaiki foto JPEG yang rusak parah menggunakan file sampel.

Tenorshare Photo Repair mendukung 30+ format gambar seperti file gambar RAW kamera, JPG, PNG, dan lainnya. Anda dapat memperbaiki foto yang buram, buram, terdistorsi, dan berpiksel, bersama dengan foto header yang tidak dapat diakses dan rusak serta format file yang tidak valid.

4. Picture Doctor

Perangkat lunak image repair berikutnya yaitu Picture Doctor. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa memperbaiki foto Anda yang rusak dengan baik, entah itu karena komputer crash, virus, transfer file, atau serangan hacker. Anda dapat mengunduh Picture Doctor secara gratis atau membeli lisensi seumur hidup guna mendapatkan akses penggunaan tak terbatas.

5. Repairit

Apabila file gambar atau video Anda yang menyimpan sejuta kenangan rusak, maka cobalah memperbaikinya dengan Repairit. Dengan Repairit, Anda akan mendapatkan one-stop solution untuk memulihkan foto maupun video yang corrupt, tak peduli seberapa parah kondisi kerusakannya. Apalagi penggunaannya sangat mudah, yakni tambah file, preview sebelum menyimpan, dan pulihkan. Mudah, bukan?

Itulah penjelasan seputar apa itu image repair dan beragam software atau aplikasinya. Mulai sekarang Anda tak perlu bingung lagi jika file foto Anda rusak, sebab solusinya ada pada software-software di atas.

Selain itu, supaya foto Anda tidak rusak akibat serangan virus komputer, ada baiknya Anda segera memasang antivirus terpercaya seperti McAfee Total Protection. Anda bisa membelinya secara resmi di Shopee maupun Tokopedia.

Baca juga: Cara Menghapus Virus Zepto yang Terdeteksi di Komputer