Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Aplikasi Bajakan yang Jarang Disadari

Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Aplikasi Bajakan yang Jarang Disadari

Jika sampai saat ini Anda masih menggunakan aplikasi bajakan, maka sebaiknya pikirkan ulang hal tersebut. Pasalnya, bahaya aplikasi bajakan nyata adanya. Aplikasi bajakan atau crack adalah aplikasi yang sengaja dimodifikasi supaya Anda bisa menggunakan semua fitur yang hanya dapat digunakan ketika Anda membeli versi aslinya.

Mungkin dengan menggunakan software bajakan Anda dapat menikmati seluruh fitur aplikasi berbayar secara gratis, namun tetap saja ada kerugiannya. Apa saja? Simak penjelasan Kharisma World berikut ini.


Bahaya aplikasi bajakan atau crack

Saat ini ada banyak sekali aplikasi atau software bajakan yang beredar di internet. Software tersebut sengaja diburu oleh pengguna lantaran tidak mampu atau tidak mau membeli software original yang berbayar. Biasanya mereka menggunakan aplikasi tersebut guna menunjang produktivitasnya.

Padahal, dibalik kemudahan ini ada konsekuensi yang harus ditanggung. Berikut merupakan beberapa bahaya aplikasi bajakan yang harus Anda waspadai.

1. Terselip virus di dalamnya

Biasanya, software bajakan tidak sepenuhnya aman. Di dalamnya bisa saja disisipi virus sehingga ketika Anda menginstalnya, virus tersebut ikut terpasang dan menginfeksi komputer Anda. Bahaya aplikasi bajakan satu ini dapat menyebabkan data pada komputer Anda hilang dan bahkan membuat performa perangkat jadi lemot.

2. Tidak mendapat pembaruan

Konsekuensi yang harus Anda tanggung jika menggunakan aplikasi crack adalah tidak mendapat pembaruan dari pengembang. Padahal, pembaruan tersebut biasanya meliputi penambahan fitur baru, perbaikan bug, dan peningkatan keamanan.

3. Data rentan hilang

Bahaya aplikasi bajakan berikutnya adalah data Anda rentang hilang. Coba pikirkan, apa keuntungan yang didapatkan dari para pembuat software crack? Tentu saja mereka mengambil untung dari Anda yang mengunduh software tersebut. Dengan kata lain, mereka berhasil menempatkan celah atau backdoor pada perangkat Anda.

Itu artinya mereka bisa saja mengambil data-data penting Anda, password akun, atau memerintahkan perangkat Anda untuk menjalankan perintah tertentu. Anda harus waspada apabila saat menginstal aplikasi bajakan Anda diminta mematikan antivirus, kemungkinan sudah jelas itu merupakan software berbahaya.

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Laptop Tanpa Aplikasi

4. Tidak bisa dihapus

Bahaya aplikasi bajakan lainnya yaitu selain tidak mendapat pembaruan juga tidak bisa dihapus. Akibatnya memori komputer Anda penuh. Ini bisa terjadi sebab memang ada beberapa malware yang melekat di software sehingga membuatnya sulit dihapus ketika sudah terpasang di komputer. Anda perlu menghapusnya sampai ke akar-akarnya jika ingin menghilangkan aplikasi bajakan ini.

5. Terdapat kecacatan

Perlu diketahui bahwa sistem komputer tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Itulah sebabnya dalam satu aplikasi atau software seringkali terdapat banyak kode yang digunakan. Apabila Anda menggunakan software crack, tak ada yang menjamin apa saja yang berada di dalamnya.

Selain itu, bisa saja software tersebut juga memiliki kecacatan. Kecacatan ini dapat merusak komputer Anda, jadi sudah sepatutnya Anda waspada dan berhati-hati, terutama jika error pada software bajakan tidak terdeteksi.

Itu dia berbagai bahaya software bajakan yang perlu Anda perhatikan. Alih-alih menggunakan aplikasi bajakan, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi pengganti serupa, misalnya Free Download Manager untuk menggantikan Internet Download Manager, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat menabung untuk membeli software original agar bisa menggunakan seluruh fitur pada aplikasi tersebut.

Intinya, menggunakan aplikasi bajakan cukup berisiko bagi pengguna komputer. Alih-alih produktivitas meningkat, Anda malah kehilangan data-data penting atau perangkat komputer performanya lambat. Tentu Anda tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Memastikan perangkat terlindungi merupakan suatu hal yang penting, sebab kita tidak tahu kapan ancaman bahaya akan menyerang. Untuk itu, gunakan software antivirus terpercaya seperti McAfee Total Protection. Dengan begitu, pengalaman menjelajah internet Anda lebih aman dan nyaman.

Baca juga: 6 Cara Download yang Aman dari Virus dan Malware, Catat!