Cara Ganti Password Wifi dengan Komputer dan HP

Cara Ganti Password Wifi dengan Komputer dan HP

Perkembangan era digital yang semakin pesat membuat wifi tidak lagi menjadi barang mewah yang hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu. Wifi bisa ditemukan di mana-mana, mungkin termasuk di rumah Anda. 

Memasang wifi di rumah memang memiliki banyak keuntungan. Antara lain akses internet yang lebih stabil dan juga lebih murah. Seperti wifi di tempat umum, wifi di rumah pun biasanya dilindungi oleh wifi agar tidak digunakan oleh sembarang orang. Pada artikel kali ini kami akan membahas cara ganti password wifi. 

Perlukah Password Wifi Diganti Secara Berkala?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah perlu. Tujuannya ialah untuk memastikan wifi Anda tidak bisa diakses oleh sembarang orang, terutama yang berhasil membobol password dengan metode sniffing.

Mengganti password wifi secara berkala juga dapat membantu menjaga keamanan koneksi. Jika koneksi sudah berhasil disusupi, maka kemungkinan besar data dari perangkat-perangkat yang terkoneksi ke wifi dapat dicuri.

Jika Anda memiliki wifi pribadi di rumah, sebaiknya pertimbangan untuk mengganti password setiap 3 atau 6 bulan sekali. Berikut akan kami jelaskan cara ganti password sendiri di rumah. 

Cara Ganti Password Wifi Menggunakan Komputer 

Sebelum memulai cara ganti password wifi, pastikan Anda bisa menjangkau router wifi. Beberapa hal yang dibutuhkan untuk mengganti password biasanya akan tercantum di bagian belakang router. 

Melalui komputer Anda, bukalah aplikasi browser. Setelah itu, masukkan alamat 192.168.1.1 untuk menuju ke laman penggantian password wifi. Pada laman login, masukkan isi kolom username dan password dengan “admin”. Kalau tidak berhasil, cobalah lihat bagian belakang router, kemungkinan ada informasi login default di sana. 

Setelah berhasil login, pilih menu “Network”->”WLAN”->”Security”. Ganti password sesuai keinginan Anda. Pastikan mengingatnya dengan baik agar tidak kesulitan terhubung dengan wifi setelah password benar-benar terganti. Jika sudah yakin dengan password baru, pilih Save/Submit. Kini wifi Anda telah dilengkapi password baru. 

Cara Ganti password Wifi Menggunakan HP

Mengganti password wifi tak hanya bisa dilakukan menggunakan komputer. Anda juga bisa mencoba cara ganti password wifi menggunakan HP dengan cara yang hampir sama.

Melalui HP Anda, bukalah aplikasi browser. Setelah itu, masukkan alamat 192.168.1.1 untuk menuju ke laman penggantian password wifi. Pada laman login, masukkan isi kolom username dan password dengan “admin”. Kalau tidak berhasil, cobalah lihat bagian belakang router, kemungkinan ada informasi login default di sana.

Setelah berhasil login, masuk ke menu “Network” -> “WLAN” -> “WPA Passphrase”. Setelah itu masukkan password yang Anda inginkan. Setelah klik save, maka password wifi Anda akan langsung berubah. Untuk mengetesnya, coba disconnect HP Anda dari wifi, dan masuk kembali menggunakan password yang baru.

Semua wifi provider berlomba-lomba menyediakan layanan internet tercepat. Namun jangan lupa kalau Anda juga memerlukan koneksi yang aman. Maka dari itu tak ada salahnya untuk melengkapi semua perangkat Anda dengan antivirus terbaik seperti McAfee.

Temukan produk-produk terbaik McAfee di sini untuk memastikan kegiatan berselancar Anda di internet tidak hanya cepat, tapi juga aman.

Baca juga: 5 Cara Melindungi Wifi Agar Tak Mudah Dibobol, Simak Yuk!