Ini Cara Hapus Akun Instagram Secara Sementara dan Permanen

Ini Cara Hapus Akun Instagram Secara Sementara dan Permanen

Dengan lebih dari satu miliar pengguna, saat ini Instagram adalah salah satu media sosial paling populer di dunia. Namun, beberapa orang memilih untuk menghapus akun Instagram karena ingin merasakan lebih hidup di dunia nyata. Jika Anda adalah salah satunya, maka cara hapus akun Instagram secara sementara dan permanen berikut perlu Anda simak.

Sebenarnya, apabila digunakan dengan bijak, Instagram adalah platform yang memberikan banyak manfaat. Selain menjadi media hiburan, media sosial ini juga bisa digunakan sebagai media berbisnis. Sebaliknya, Instagram juga dapat memberikan dampak buruk, seperti kurangnya bersosialisasi dengan lingkungan hingga merasa insecure dengan diri sendiri.

Jika Anda sudah siap mendapatkan kembali waktu luang dalam hidup Anda, mari simak cara hapus akun Instagram di bawah ini.


Cara menyimpan data akun Anda sebelum dihapus

Sebelum melakukan cara hapus akun Instagram, mungkin Anda ingin menyimpan beberapa hal penting dari postingan, komentar, maupun informasi profil Anda. Sebab ketika akun sudah terhapus, Anda tidak akan dapat melihatnya kembali. Berikut langkah-langkah menyimpan data akun Instagram.

  1. Buka aplikasi Instagram

  2. Ketuk ikon profil di sudut kanan bawah

  3. Klik tiga garis di sudut kanan atas, lalu pilih Settings

  4. Pilih Security, lalu cari opsi Download Data

  5. Masukkan alamat email Anda dan pilih Request Download

Tunggu dalam waktu 48 jam, kemudian Instagram akan mengirimkan file lengkap Anda yang berisi foto, komentar, likes, dan semua yang mungkin perlu Anda akses di masa mendatang ke alamat email Anda.


Cara hapus akun Instagram sementara

Bila Anda belum siap meninggalkan Instagram secara permanen, Anda bisa istirahat sejenak dengan menonaktifkan akun sementara. Jadi, apabila suatu saat nanti Anda ingin kembali, Anda tinggal mengaktifkannya. Ini langkah untuk menghapus Instagram sementara.

  1. Buka Instagram.com melalui browser dan login ke akun Anda

  2. Klik ikon Profile

  3. Pilih Edit Profile

  4. Geser ke bawah dan pilih Temporarily Disable My Account di sebelah tombol Submit

  5. Pilih alasan mengapa Anda ingin melakukan ini

  6. Masukkan kembali password akun Anda

  7. Klik Temporarily Disable Account

Perlu diingat, menurut kebijakan Instagram, Anda hanya bisa menonaktifkan akun Instagram sekali setiap seminggu.


Cara hapus akun Instagram secara permanen

Ketika menghapus akun, maka profil, foto, video, komentar, followers, dan semuanya akan terhapus secara permanen. Kemudian di masa mendatang, jika Anda ingin mendaftar ke Instagram lagi, Anda bisa menggunakan username yang sama selama masih belum digunakan oleh orang lain. Tapi hal tersebut tidak berlaku apabila akun Anda dihapus karena melanggar Community Guideline dari pihak Instagram.

Adapun cara hapus akun Instagram secara permanen adalah:

  1. Buka Instagram.com melalui browser dan login ke akun Anda, Anda tidak bisa menghapusnya melalui aplikasi

  2. Klik ikon Profile

  3. Pilih Edit Profile

  4. Masuk ke halaman khusus Delete Account

  5. Pilih alasan mengapa Anda ingin menghapusnya

  6. Masukkan password akun Anda

  7. Klik Delete

30 hari setelah permintaan hapus akun, akun dan semua informasi Anda akan terhapus secara permanen. Anda juga tidak bisa memulihkan informasi Anda. Instagram menyatakan bahwa diperlukan waktu hingga 90 hari untuk menghapus akun secara menyeluruh. Artinya, Instagram masih memiliki kepingan informasi akun Anda yang disimpan pada servernya.

Namun, Kebijakan Data Instagram juga menyatakan bahwa perusahaan dapat menjaga informasi Anda selama lebih dari 90 hari. Ini dilakukan untuk tujuan hukum atau terkait pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan perusahaan.

Baca juga: Cara Hapus Akun Gmail Permanen di HP dan Laptop