4 Cara Membuka File Null dengan Cepat

4 Cara Membuka File Null dengan Cepat

Apakah Anda pernah menemukan file dengan ekstensi null di komputer atau ponsel Anda? File null adalah file yang rusak karena proses penyimpanan yang tidak sempurna atau karena gangguan bug. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuka file null agar Anda tetap bisa mengakses semua file yang Anda butuhkan.


Mengapa Bisa Terbentuk File Null

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ada 2 penyebab utama file yang ingin Anda akses memiliki ekstensi null dan menyebabkan file tersebut sulit dibuka. Penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Proses Penyimpanan File Tidak Sempurna 

Perlu dipahami bahwa berbagai jenis file (docs, pdf, img, dll) bisa berakhir sebagai file null ketika penyimpanannya tidak sempurna. Penyimpanan yang tidak sempurna tersebut bisa terjadi karena ada gangguan pada perangkat Anda. Kesalahan serupa juga bisa terjadi ketika proses download file yang Anda lakukan tidak selesai dengan baik. 

2. Adanya Bug Atau Virus

File-file yang sudah tersimpan di perangkat Anda bisa berubah menjadi file null ketika perangkat diserang virus atau aplikasi yang hendak dipakai membuka terkena bug. Jika sudah begitu Anda harus memutar otak mencari cara membuka file null. 


Cara Membuka File Null

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakses file dengan ekstensi null. Cobalah cara-cara di bawah ini untuk mengakses file yang Anda butuhkan:

Cara Membuka File Null dengan Aplikasi Bawaan 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuka file null melalui aplikasi yang sesuai. Pertama-tama klik kanan pada file null dan pilih menu properties. Pada menu tersebut Anda akan melihat ekstensi asli dari file (docs, pdf, img, dll).

Setelah mengetahui ekstensi asli, misalnya, docs, maka bukalah aplikasi microsoft word. Pada aplikasi tersebut pilih menu open file dan cobalah klik file null yang Anda maksud sebelumnya. Jika kerusakan tidak terlalu parah kemungkinan besar file tersebut akan bisa Anda akses. 

Cara Membuka File Null dengan Bantuan Notepad 

Cara ini sangat mudah dipraktekkan. Klik kanan pada file null yang ingin Anda akses, lalu pilih menu open with. Pada deretan aplikasi yang muncul pilihlah open with notepad. Tunggu beberapa detik hingga Anda bisa membaca isi file tersebut. 

Cara Membuka File Null Menggunakan Online Tools 

Jika dua cara di atas tak bisa membantu Anda membuka file null, mungkin Anda memerlukan bantuan online tools. Salah satu online yang bisa membantu Anda adalah milik fileproinfo.

Buka browser Anda dan ketik alamat fileproinfo.com. Di homepage website tersebut pilih menu tools -> viewer -> null. Setelah itu pilihlah file null yang ingin Anda buka. Tunggu beberapa saat dan Anda akan dapat membaca isi file dari halaman online tools tersebut. 


Cara Mencegah Munculnya File Null 

Walaupun kini Anda sudah tahu cara membuka file null, berurusan dengan bentuk file ini akan tetap menyebalkan. Lakukan hal-hal berikut agar Anda tak perlu lagi direpotkan oleh file null:

  • Pastikan aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan selalu dalam status up to date. 

  • Ketika mendownload file dari internet pastikan kondisi Anda stabil, koneksi yang tidak stabil bisa menyebabkan file tidak terdownload dengan sempurna.

  • Instal anti virus terbaik untuk perangkat Anda dan pindai perangkat secara berkala agar tidak ada virus atau bug yang mengganggu kinerjanya. 

Selamat mencoba cara di atas!

Baca juga: File Berubah Menjadi CCC, Ini Virus yang Menyebabkannya