Penyebab dan Cara Mempercepat PC yang Lemot

Penyebab dan Cara Mempercepat PC yang Lemot

Performa PC yang sehat tentu sangat penting bagi Anda dan semua orang yang menggunakan PC untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Performa ini biasanya meliputi kemampuan PC menjalankan berbagai aplikasi dan program dengan lancar cepat. Saat kecepatan terasa menurun sebagian orang akan langsung sibuk mencari cara mempercepat PC.

Seiring berjalannya waktu performa PC memang akan perlahan-lahan menurun. Sebelum mencari tahu bagaimana caranya agar PC tidak lemot lagi, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu hal-hal yang bisa membuat PC jadi lemot.

Artikel ini akan membahas dengan lengkap penyebab PC jadi lemot, cara mempercepat PC, dan apa saja yang harus dilakukan agar komputer Anda tidak lemot kembali. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Penyebab PC Lemot

Sebenarnya ada berbagai faktor yang bisa membuat performa PC Anda menurun. Namun ada beberapa hal yang kerap jadi penyebab utama dan perlu Anda perhatian lebih. Apa sajakah itu?

Beban RAM yang Terlalu Berat

Penyebab PC menjadi lemot yang satu ini tidak akan ditemukan pada komputer yang RAMnya memang sudah memadai, misalnya di atas 4. Adapun beban berat pada RAM yang dimaksud adalah ketika Anda membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Cache yang Menumpuk

Tanpa disadari, kita seringkali membiarkan banyak sampah menumpuk di dalam PC kita. Sampah-sampah ini berasal dari sisa operasi sehari-hari atau dari aplikasi dan file yang telah dihapus. Sampah ini dikenal pula dengan nama cache. Jika penyebab lemotnya PC hanyalah cache yang menumpuk, maka cara mempercepat PC yang bisa Anda lakukan pun sangat mudah.

Virus dan Malware

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab menurunnya kecepatan PC adalah serangan virus dan malware. VIrus dan malware ini bisa masuk ke PC melalui banyak celah; koneksi internet, file dan aplikasi yang diunduh, hingga sistem operasi yang tak kunjung diupdate.

Cara Mempercepat PC yang Mudah dan Ampuh

Jika Anda merasa PC mulai melambat, cobalah lakukan beberapa hal berikut:

Nonaktifkan Program Startup

Cara mempercepat PC pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menonaktifkan program startup atau aplikasi yang otomatis terbuka ketika Anda menyalakan PC. Cara ini akan meringankan beban kerja RAM, terlebih jika RAM Anda relatif terbatas.

Selain menonaktifkan program startup, pastikan Anda hanya membuka aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Tutup segera aplikasi atau program yang sudah selesai dipakai agar tidak terlalu membebani RAM.

Bersihkan Cache Secara Rutin

Membersihkan cache adalah cara mempercepat PC berikutnya yang bisa Anda coba. Cobalah bersihkan secara rutin, terutama ketika Anda baru saja menghapus aplikasi atau banyak file. Jangan biarkan sampah-sampah ini membuat PC Anda jadi lemot.

Basmi Semua Virus dan Malware dari PC Anda

Kemungkinan virus dan malware jadi penyebab dari lambatnya PC Anda sangat besar. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan pemindaian secara rutin dan segera membasmi virus dan malware yang terdeteksi.

Cara Mencegah Agar PC Tidak Lemot Kembali

Setelah berhasil mempraktekkan cara mempercepat PC pastikan Anda menjaga agar komputer Anda tidak menjadi lemot kembali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan upgrade RAM.

Selain itu, sangat penting untuk memasang antivirus yang bisa menangkal serangan berbagai macam virus dan malware. Temukan produk antivirus McAfee yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan lindungi PC kesayangan Anda sekarang juga.

Baca juga: Cara Hapus History Google Chrome di Komputer dan HP