Cara Menghapus Browser Hijacker yang Ampuh dan Pencegahannya

Cara Menghapus Browser Hijacker yang Ampuh dan Pencegahannya

Pernahkah suatu ketika Anda mengalami kejadian di mana browser Chrome maupun Mozilla Anda tiba-tiba berubah? Yup, jika biasanya default homepage browser adalah Google, maka kali ini yang muncul yakni sebuah situs search engine mirip Google. Apabila benar demikian, artinya browser Anda sudah terkena malware. Hal ini disebut dengan browser hijacker. Namun tak perlu terlalu cemas, sebab cara menghapus browser hijacker tidaklah rumit.

Untuk mengetahui cara menghapus browser hijacker, mari simak ulasan berikut.

Ciri-ciri browser terkena hijack

Sebelum menghapusnya, sebaiknya Anda paham terlebih dulu bagaimana ciri-ciri browser yang terkena hijack. Adapun beberapa ciri tersebut antara lain:

  • Homepage browser berubah

  • Search engine browser berubah

  • Banyak muncul pop up iklan ketika browsing

  • Banyak tambahan toolbar pada browser

  • Performa browser menurun atau lemot

  • Muncul add-on yang tidak Anda install

Penyebab browser hijacker

Umumnya, penyebab browser hijacker adalah kurangnya ketelitian saat menginstall software gratis, yang mana di dalamnya biasa ditanamkan adware. Tidak hanya software gratis, bahkan software populer pun terkadang memiliki opsi untuk mengubah homepage browser ke situs lain.

Jika Anda tidak teliti dan tidak menghilangkan centang tersebut ketika proses instalasi, maka homepage browser Anda secara otomatis akan berubah.

Selain itu, kelalaian yang dilakukan saat browsing sehingga tanpa sengaja mendownload adware juga menjadi penyebab browser hijacker. Maka, penting bagi Anda untuk selalu teliti dan waspada ketika browsing, jangan asal mengklik tanpa membacanya terlebih dahulu.

Cara menghapus browser hijacker

Lantas apa yang harus dilakukan jika browser sudah terlanjur kena hijack? Tenang, berikut beberapa cara menghapus browser hijacker yang dapat Anda lakukan.

1. Uninstall adware secara manual

Sebelum mencopot adware, mungkin Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan software pembersih adware. Namun kadang membersihkannya saja kurang cukup, sehingga Anda perlu mengecek berbagai tool yang terlihat mencurigakan. Jika masih ada toolbar maupun add on yang tersisa, Anda bisa mencopotnya secara manual.

2. Reset settings

Apabila dengan melakukan uninstall adware masalah hijack masih belum tuntas, Anda dapat mempertimbangkan cara menghapus browser hijacker dengan reset settings.

3. Reinstall browser

Cara menghapus browser hijacker yang terakhir adalah dengan menginstall ulang browser. Alternatif ini dapat Anda lakukan jika semua cara di atas tidak berhasil menghilangkan seluruh hijack di browser Anda.

Cara mencegah browser hijack

Jika browser Anda sudah pulih kembali dari hijack, sebaiknya Anda melakukan pencegahan berikut supaya browser hijack tidak terjadi lagi.


  • Download freeware dari situs yang aman dan terpercaya

  • Lebih teliti membaca dokumen persetujuan sebelum menginstall software

  • Lebih teliti ketika menginstall freeware, pastikan untuk mematikan opsi instalasi adware atau toolbar

  • Hati-hati saat mengunduh file attachment di email

  • Selalu mengupdate browser

  • Gunakan security software yang komprehensif, seperti McAfee, supaya perangkat Anda terlindungi

Demikian tips menghilangkan browser hijacker lengkap dengan pencegahannya. Sekarang Anda bisa lebih waspada ketika hendak mengunduh software, pastikan mengaksesnya dari situs terpercaya dan baca dokumen persetujuannya.

Baca juga: Lindungi Privasi Anda dengan Enkripsi, Begini Cara Kerjanya