Virus Sality: Pengertian, Pencegahan, dan Cara Menghapusnya

Virus Sality: Pengertian, Pencegahan, dan Cara Menghapusnya

Jika komputer Anda tiba-tiba kinerjanya lambat dibanding biasanya, padahal spesifikasinya lumayan oke untuk pekerjaan multitasking maupun game, maka Anda patut waspada. Bisa jadi komputer Anda terkena virus Sality. Sehingga Anda perlu mencari cara menghapus virus Sality.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut seputar apa itu virus Sality beserta cara menghapusnya.


Apa itu virus Sality?

Virus Sality adalah jenis virus komputer yang bisa dibilang sangat merepotkan. Virus ini setara dengan Conficker, di mana menyebabkan banyak perusahaan antivirus mengembangkan aplikasi antivirus guna menangani virus ini.

Beberapa jenis virus Sality adalah virus Sality A, Sality B, sality E, dan lainnya. Virus ini mampu menduplikasi dirinya sendiri kemudian menyebarkannya ke berbagai program komputer secara otomatis. Sehingga jika sudah sampai di tingkat yang parah, jalan satu-satunya untuk menyelamatkan komputer ialah dengan menginstal ulang Windows.


Cara menghapus virus Sality

Anda pasti tidak ingin komputer Anda terserang virus ini, bukan? Oleh karena itu, berikut kami berikan beberapa cara menghapus virus Sality dengan mudah.

1. Scan menggunakan antivirus

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika Anda mengetahui komputer terserang virus ialah melakukan scan menggunakan antivirus. Anda dapat menggunakan antivirus terbaik untuk menghapusnya.

2. Install ulang Windows

Cara menghapus virus Sality berikutnya adalah menginstal ulang Windows. Cara ini dapat Anda lakukan guna memastikan bahwa virus tersebut benar-benar terhapus tanpa ada sisa, termasuk di partisi tertentu maupun pada registry tertentu.

Dengan melakukan install ulang Windows, maka semua file yang ada di partisi C: akan secara otomatis terhapus. Anda dapat mencoba langkah ini apabila cara lain tidak berhasil menghilangkan virus Sality.

3. Menggunakan aplikasi khusus penghapus Sality

Dikarenakan virus Sality mengakibatkan tingkat kerusakan yang cukup merepotkan, akhirnya banyak perusahaan keamanan tingkat dunia berusaha membuat berbagai aplikasi khusus untuk menangani virus ini dan membuat komputer kembali sehat.

Nah, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus tersebut dengan cara mengunduhnya melalui official website perusahaan. Kemudian setelah melakukan scanning menggunakan aplikasi khusus, Anda dapat melanjutkannya dengan scanning tambahan dengan antivirus lain untuk memastikan bahwa komputer benar-benar bersih.


Cara mencegah virus Sality

Itu tadi tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi serangan virus Sality. Di samping itu, akan lebih baik jika Anda juga melakukan pencegahan agar komputer Anda terhindar dari virus ini. Beberapa cara untuk mencegah virus Sality adalah sebagai berikut.

  • Menonaktifkan fitur autorun USB atau perangkat removable lain

  • Rutin melakukan update antivirus untuk memperkuat keamanan

  • Memastikan untuk selalu melakukan scanning setiap ada USB atau flashdisk yang masuk ke laptop atau komputer, karena biasanya penyebaran virus Sality sangat mudah terjadi melalui flashdisk yang terinfeksi

  • Tidak mengunduh file apapun dari situs berbahaya atau mencurigakan

Demikian pembahasan seputar virus Sality, cara menghapus, dan langkah pencegahannya. Cara menghapus virus Sality di atas dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa bantuan teknisi komputer sehingga Anda bisa lebih hemat.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menghadapi virus Sality, ya. Jangan lupa, pasang perlindungan terbaik pada komputer atau laptop Anda dengan antivirus terbaik dari McAfee.

Baca juga: 5 Penyebab Komputer Terkena Virus, Ciri, dan Cara Mengatasinya