3 Cara Menghilangkan Setup Wizard Virus yang Menyerang Komputer

3 Cara Menghilangkan Setup Wizard Virus yang Menyerang Komputer

Beragamnya jenis virus di komputer membuat para pengguna harus berhati-hati dalam bertindak. Pasalnya, salah mengklik saja bisa berakibat virus masuk dan menyerang sistem Anda. Salah satunya ialah setup wizard. Ini merupakan virus yang sering muncul berupa pop-up yang menawarkan sebuah perangkat lunak.

Jika Anda sekarang mengalaminya, maka sebaiknya simak cara menghilangkan setup wizard virus yang akan dibahas pada artikel berikut.


Apa Itu Setup Wizard?

Sebelum menghapusnya, kenali dulu apa itu setup wizard. Setup wizard memang lebih dikenal sebagai virus oleh kebanyakan pengguna, namun sebenarnya itu tidak lebih dari program tak diinginkan atau potentially unwanted program (PUP). Tentu saja ini bukan tanpa alasan.

Pertama, setup wizard memasuki komputer menggunakan metode penyusupan yang menipu. Kedua, alih-alih meningkatkan pengalaman browsing Anda, setup wizard menjalankan aktivitas yang mungkin bisa merusaknya.

Biasanya, virus ini akan memunculkan pesan seperti “Setup Wizard. Last Version for (nama program) users. Users who installed (nama program) installed the following apps too. Click next to continue).”

Pesan tersebut muncul di komputer Anda secara terus-menerus dan memaksa Anda untuk menginstal aplikasi mencurigakan. Adapun program yang disebutkan di setup wizard bervariasi, seperti Google Chrome, Firefox, Application Frame Host, dan sebagainya. Apabila Anda tidak membutuhkannya, sebaiknya hapus saja virus tersebut dari sistem.


Cara Menghapus Setup Wizard

Untungnya, setup wizard adalah software yang tidak terlalu berbahaya, sehingga Anda bisa dengan mudah menghilangkannya dari komputer Anda. Beberapa cara menghapus setup wizard adalah sebagai berikut.

1. Uninstall Software yang Mencurigakan

Cara menghapus setup wizard yang pertama adalah Anda bisa mencopot pemasangan software tak dikenal. Sebab setup wizard biasanya masuk melalui software yang Anda install, namun karena berupa virus, maka untuk menginstalnya tidak membutuhkan persetujuan Anda.

Nah, Anda bisa masuk ke Control Panel > Uninstall a program, lalu uninstall setup wizard apabila anda menemukannya. Uninstall juga program berbahaya apapun, program yang tidak Anda ingat menginstalnya, atau program yang Anda instal sesaat sebelum pop up setup wizard muncul. Guna meyakinkan program tersebut benar-benar aman, Anda bisa mengeceknya di internet atau situs resminya.

2. Bersihkan Komputer Menggunakan CCleaner

Berikutnya, Anda bisa menghilangkan setup wizard dengan menggunakan CCleaner. Pastinya Anda harus punya aplikasinya terlebih dulu, Anda dapat mengunduhnya di website terpercaya. Jika sudah, jalankan pembersihan komputer dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Perlu diingat, dilansir dari situs CCleaner sendiri, mereka menyatakan bahwa CCleaner tidak bisa mendeteksi maupun menghapus virus, malware, maupun spyware. Jadi, sebaiknya Anda tetap menggunakan program antivirus terpercaya untuk melindungi komputer Anda dari serangan virus dan software berbahaya.

3. Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Cara menghilangkan setup wizard virus juga bisa Anda lakukan dengan melakukan scan komputer secara menyeluruh menggunakan antivirus yang Anda miliki. Jika Anda belum memasang antivirus apapun, maka Anda dapat menggunakan McAfee yang ampuh mendeteksi dan menghapus virus maupun malware. Anda bisa membelinya sekarang juga di marketplace kesayangan Anda atau di website Kharisma World.


Cara Melindungi Komputer dari Setup Wizard

Bila Anda sudah berhasil menghapus setup wizard, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara melindungi komputer dari serangan PUP tersebut agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Berikut tips-tipsnya.

  • Pasang software anti virus yang kuat, mampu mendeteksi dan menghapus PUP.

  • Aktifkan Windows firewall.

  • Pastikan Anda memperbarui sistem operasi, browser, dan utilitas keamanan Anda.

  • Sesuaikan pengaturan browser untuk memblokir pop-up dan memuat plug-in hanya ketika diklik.

  • Pasang Adblock, Adblock Plus, atau ekstensi pemblokir iklan lain.

  • Jangan mudah mengklik tautan apapun yang ada di internet. Ini berlaku terutama apabila Anda mendapatkan email tak dikenal, tautan di komentar, forum, atau pengirim pesan instan.

  • Ketika menginstal freeware atau shareware, berhati-hatilah dan jangan terburu-buru. Pilih mode instalasi Custom atau Advanced, lalu hapus centang pada bagian kotak yang meminta izin Anda untuk menginstal aplikasi pihak ketiga. Baca kembali perjanjian lisensinya, dan pastikan tidak ada lagi yang akan diinstal.

  • Hindari mengunduh software dari situs web yang belum diverifikasi. Sebab Anda tidak tahu keamanannya, bisa jadi program yang Anda download adalah trojan, atau program lain yang tak diinginkan, yang diinstal bersama dengan aplikasi.

Demikian penjelasan seputar apa itu setup wizard dan cara menghilangkannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Dapatkan informasi lain seputar dunia cyber security hanya di blog Kharisma World!

Baca juga: Rumba Ransomware: Bahaya yang Mengintai Para Pengguna Aplikasi Bajakan