Cara Unsend Email di Gmail, Yahoo, dan Outlook. Jangan Sampai Anda Salah Kirim!

Cara Unsend Email di Gmail, Yahoo, dan Outlook. Jangan Sampai Anda Salah Kirim!

Pernahkah Anda tak sengaja mengirim email yang belum selesai ditulis? Mengirim email tapi lampiran filenya tertinggal? Atau justru mengirim email ke alamat email yang salah?

Kejadian di atas tentu cukup membuat panik, ya. Terlebih jika kesalahan-kesalahan tersebut terjadi saat hendak mengirim email ke atasan atau orang penting lainnya. Jika mengalami kejadian seperti di atas, Anda pasti akan langsung berpikir bagaimana sih cara unsend email?


Apakah Email Bisa Di-Unsend?

Jawabannya adalah bisa! Platform penyedia email seperti Google dan Yahoo sudah mengantisipasi kemungkinan email yang salah kirim. Karena itu mereka sudah menyiapkan skema cara unsend email walaupun belum banyak orang yang mengetahuinya. 

Jika ada pertanyaan tambahan seperti apakah semua email bisa diunsend? Jawabannya mungkin tidak. Beberapa platform tidak mengizinkan Anda menarik email jika email tersebut sudah terlanjur dibuka oleh penerima. 


Cara Unsend Email di Gmail 

Beda platform email, beda pula cara unsend yang bisa Anda jalankan. Jika Anda menggunakan gmail, email hanya bisa diunsend selama Anda masih melihat kotak berwarna hitam di sisi kiri layar yang muncul sesaat setelah email dikirim. Kotak tersebut biasanya berisi opsi “undo”.

Jika kotak tersebut sudah terlanjur hilang, berarti Anda sudah kehilangan kesempatan untuk menjalankan cara undo email. Tapi ada cara yang bisa dicoba agar kotak tersebut tak terlalu cepat hilangnya. Cara adalah:

  • Klik setting, lalu pilih “general”

  • Setelah page general terbuka, pilih menu “undo send”

  • Pada menu “undo send” tersebut Anda bisa mengatur “cancelation period” atau berapa lama waktu yang dimungkinkan untuk unsend email. 

  • Pilih durasi cancelation yang Anda inginkan, lalu simpan pengaturan. 


Cara Unsend Email di Yahoo 

Fitur membatalkan email yang telah dikirim di Yahoo hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone. Prinsipnya kurang lebih sama dengan Gmail, email hanya bisa diunsend beberapa detika setelah dikirim. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda mengirim email melalui aplikasi Yahoo di iPhone, perhatikan kotak bertuliskan “undo” di pojok kanan bawah.

  • Klik kotak tersebut, email yang telah dikirim akan otomatis dibatalkan dan kembali menjadi draft. 

Cara unsend email di Yahoo memang cukup mudah, namun sayangnya belum bisa dinikmati oleh pengguna android maupun microsoft. Tombol tersebut juga hanya akan bertahan selama 5 detik. Jadi sebaiknya Anda mengoreksi ulang email dan memastikan semuanya sudah benar sebelum mengklik tombol kirim. 


Cara Unsend Email di Outlook

Unsend email di outlook terbilang yang paling aman karena kesempatan untuk melakukan waktunya lebih panjang dibanding Gmail dan Yahoo. Cara unsend email di Outlook adalah sebagai berikut:

  • Buka window baru untuk email yang akan dibatalkan

  • Pilih menu action yang ada di menu bar hingga muncul menu drop down 

  • Pada menu drop down pilih menu “recall this message”, email yang sudah dikirim akan langsung ditarik dan kembali menjadi draft

Unsend email di Outlook hanya bisa dilakukan jika email tersebut belum dibuka oleh penerimanya. Jadi, jangan sampai Anda lengah ya! Jangan lupa juga untuk selalu melindungi perangkat kesayangan Anda dengan antivirus andalan seperti McAfee Total Protection!

Baca juga: Spear Phishing: Pengertian, Risiko, dan Perbedaannya dengan Phishing