Waspada Malware di Dalam Artikel Clickbait, Kenali Tanda-Tandanya

Waspada Malware di Dalam Artikel Clickbait, Kenali Tanda-Tandanya

Clickbait adalah salah satu strategi yang banyak dilakukan para pengelola website guna mendatangkan banyak klik pada websitenya. Clickbait sendiri sebenarnya bukanlah sesuatu yang salah selama tidak dilakukan secara berlebihan.

Sayangnya saat ini banyak pihak yang melakukan clickbait secara berlebihan sehingga banyak pihak yang merasa tertipu. Bahkan clickbait juga dapat menjadi cara untuk menyusupkan malware ke dalam perangkat Anda. Karena itulah cara memilah dan menghindari clickbait adalah hal yang akan bermanfaat jika dipelajari. 

Malware di Dalam Clickbait 

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sebuah clickbait bisa menjadi sumber penyebaran malware atau virus. Hal tersebut sangatlah mungkin. 

Caranya ialah dengan membuat judul semenarik mungkin sehingga Anda tertarik mengkliknya. Setelah itu akan dicantumkan link yang telah disusupi oleh malware di dalam artikel. Ketika Anda mengklik link tersebut, maka secara tidak sadar Anda sudah membuka pintu masuk bagi malware ke dalam perangkat Anda.

Cara Menghindari Clickbait 

Berikut adalah cara menghindari clickbait agar Anda tidak merasa tertipu ketika membaca konten di dalamnya apalagi sampai membiarkan malware masuk ke dalam perangkat Anda!

1. Perhatikan Judul Konten dengan Seksama 

Saat Anda memasukkan sebuah keyword ke dalam kolom pencarian Google, akan ada banyak hasil yang ditampilkan. Anda tentu akan refleks membaca sekilas judul-judul artikel yang ditampilkan. Guna menghindari clickbait, sebelum Anda mengklik salah satu dari deretan judul tersebut bacalah terlebih dahulu dengan seksama.

Artikel clickbait biasanya akan menggunakan judul yang sangat menggebu-gebu, seperti mencantumkan hal-hal tak masuk akal dan banyak tanda seru. Ada baiknya Anda berhati-hati dengan artikel seperti itu. 

2. Perhatikan Kredibilitas Sumber 

Memperhatikan siapa yang menerbitkan artikel juga dapat membantu Anda terhindar dari artikel-artikel yang misleading. Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membuka hasil pencarian dari website-website yang memang sudah terkenal kredibilitasnya dalam membicarakan suatu topik. 

Untuk artikel seputar anti virus, misalnya, artikel dari official website McAfee dan Kharismaworld tentu bisa menjadi sumber informasi yang kredibel. Tak hanya menemukan informasi yang berguna, Anda juga dapat melakukan pembelian produk untuk melindungi perangkat Anda secepatnya. 

3. Manfaatkan Algoritma Google 

Pada dasarnya Google selalu ingin memberikan hasil pencarian terbaik bagi penggunanya. Artikel non clickbait adalah salah satu yang biasanya ditampilkan di bagian teratas hasil pencarian Google. Maka dari itu, jika Anda merasa tak yakin soal clickbait, ada baiknya Anda hanya membaca hasil teratas yang ditampilkan Google. 

Jika Anda adalah pengelola website, Anda juga perlu memerhatikan masalah clickbait. Jangan sampai penggunaan clickbait secara berlebihan membuat Anda gagal mendapatkan posisi yang bagus di hasil pencarian Google. 

4. Jangan Mengkilk Link Sembarangan 

Sekalipun Anda sudah yakin bahwa artikel yang Anda buka tidak bersifat clickbait, Anda masih harus tetap waspada. Jangan membuka link secara asal-asalan, terutama di dalam website yang belum terbukti kredibilitasnya. 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bisa jadi link tersebut mengandung malware. Jangan sampai keisengan Anda untuk membuka link tersebut membuat Anda harus kehilangan file-file penting di dalam perangkat, atau bahkan perangkat jadi tak bisa digunakan sama sekali. 

4 cara di atas cukup ampuh untuk menghindari artikel clickbait dan kerugian yang bisa disebabkan oleh artikel tersebut. Sebagai pengguna internet yang bijak ada baiknya Anda pun selalu memastikan perangkat Anda terlindungi anti virus agar selalu aman. Temukan produk terbaik dari McAfee dan lindungi semua perangkat Anda sekarang juga.

Baca juga: Cara Clear Cache Chrome, Mozilla, dan Safari agar Performa Browser Meningkat