Mengenal COM Surrogate pada Windows, Apakah Ini Virus?

Mengenal COM Surrogate pada Windows, Apakah Ini Virus?

COM surrogate adalah proses yang sering ditemukan pada task manager. Proses ini merupakan bagian dari sistem operasi Windows dan memiliki nama file “dllhost.exe”. Sudah tahukah Anda apa itu COM surrogate?

Mungkin kebanyakan pengguna komputer masih belum paham tentang proses tersebut, bahkan baru pertama kali ini mendengarnya. Anda tak perlu cemas, sebab pada artikel berikut Kharisma World akan membahasnya.

Pengertian COM surrogate

Dilansir dari El Creative Academy, COM Surrogate adalah proses dasar dari Windows 10 yang berfungsi untuk menampilkan thumbnail dan informasi sejenis.

COM surrogate adalah antarmuka Microsoft yang memungkinkan developers membuat objek COM menggunakan bahasa pemrograman berbeda. COM sendiri merupakan singkatan dari Component Object Model.

Microsoft menciptakan antarmuka bagi developers untuk membuat eksistensi ke program COM objek. Contohnya Windows Explorer memiliki objek COM yang memungkinkannya membuat thumbnail untuk gambar dan video dalam folder.

Namun, yang menjadi masalah adalah objek COM bisa crash dan hal tersebut membuat seluruh sistem Anda akan macet. Guna memperbaikinya, dibuatlah COM surrogate yang menjalankan objek COM secara terpisah dari yang diminta. Dengan begitu, apabila objek COM crash, itu hanya akan mengeluarkan proses COM surrogate dan Explore tetap berjalan.

Apakah COM surrogate termasuk virus?

Well, ada kasus di masa lalu, di mana virus dan trojan bersembunyi di sistem operasi Windows dengan menutupi diri mereka sebagai COM surrogate dan proses lainnya. Apabila Anda membuka task manager, coba klik kanan pada proses, lalu pilih open file location, akan dapat ditemukan lokasi sumber dari proses tersebut.

Jika proses COM surrogate mengarah ke file ‘dllhost’ pada folder C:\Windows\System32, maka kemungkinan besar itu tidak akan menjadi virus. Di luar itu, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemindaian komputer.

Proses COM surrogate sebenarnya merupakan bagian normal dari Windows. Namun, itu bisa digunakan oleh malware. Biasanya, pengganti COM tidak memakan banyak memori dan CPU serta hanya ada satu atau dua proses yang berjalan.

Jika Anda menemukan banyak proses dllhost.exe berjalan dan menggunakan lebih dari 1-2% dari CPU, itu berarti proses COM surrogate sedang disalahgunakan oleh virus maupun aplikasi jahat lainnya. Maka, ambil langkah segera dengan melakukan pemindaian virus.

Itulah sekilas ulasan seputar COM surrogate. Jika Anda khawatir malware maupun virus menyalahgunakan dllhost.exe atau proses tersebut, sebaiknya Anda melakukan pencegahan dengan memasang antivirus malware terbaik dari McAfee. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ditemukan adanya ancaman, Anda bisa segera mendeteksi dan menghapusnya.

Baca juga: Cara Clean Up PC yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah