Fungsi Akun Email Sekali Pakai dan Cara Mudah Membuatnya

Fungsi Akun Email Sekali Pakai dan Cara Mudah Membuatnya

Pernahkah Anda mendengar istilah email sekali pakai? Yup! Email sekali pakai atau biasa disebut temporary email adalah email yang hanya dapat digunakan sementara waktu untuk keperluan sekali pakai. Dengan menggunakan layanan temporary email, Anda tidak akan lagi menerima email spam yang mengganggu, dan data pribadi Anda akan lebih aman.

Lantas bagaimana cara membuat akun email sekali pakai? Tenang, mari kita ulas selengkapnya dalam artikel di bawah ini. Yuk simak!


Apa itu email sekali pakai?

Email sekali pakai atau temporary email adalah salah satu fitur yang bisa digunakan untuk membuat alamat email sementara. Artinya, email tersebut memiliki jangka umur tertentu dan akan menghapus dirinya sendiri bila waktunya telah habis. Ini sangat membantu bagi mereka yang sering mengisi formulir online tidak penting ataupun mendaftar di situs abal-abal.

Namun, apabila Anda ingin melakukan registrasi di website-website yang memerlukan keamanan lebih, seperti media sosial, e-commerce, atau perbankan, maka jangan gunakan email sementara, melainkan gunakan email pribadi permanen Anda.

Email sekali pakai memiliki banyak sebutan, antara lain fake mail, 10 min mail, throw away email, dan masih banyak lagi. Semua istilah tersebut memiliki makna yang sama, yaitu membuat akun email jangka pendek.


Fungsi email sekali pakai

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa email sementara dibuat untuk menghindari email spam yang mengganggu, itu salah satunya. Kemudian, email sementara juga dapat mengamankan data pribadi Anda, sebab memang email ini tidak berisi informasi pribadi apa pun. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir akan terjadinya pencurian data oleh penjahat cyber.


Cara membuat akun email sekali pakai

Nah, setelah mengetahui pengertian dan fungsi email sementara, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara membuatnya?

Sebenarnya cara membuat akun email sekali pakai sangatlah mudah. Bahkan Anda tidak perlu melakukan pendaftaran untuk menggunakannya. Anda hanya tinggal mengunjungi situs penyedia akun temporary email dan bisa langsung menggunakannya untuk berbagai keperluan. Berikut beberapa contoh situs tersebut.

Temp Mail

Situs pertama yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat temporary email adalah Temp Mail. Cara menggunakannya ialah kunjungi halaman temp-mail.org. Pada halaman utama, muncul format email di kolom alamat email sementara dan dapat langsung Anda gunakan. Mungkin beberapa kali Anda harus verifikasi captcha terlebih dahulu guna memastikan bahwa Anda bukanlah bot.

Jika ingin mengubah alamat email menjadi lebih unik, Anda dapat memilih menu Ubah. Lalu Anda bisa langsung isi nama email yang diinginkan, dan pilih salah satu domain tersedia. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan jika Anda upgrade ke layanan premium, ya.

Alamat email tersebut selanjutnya sudah dapat digunakan untuk login ke situs tertentu. Guna melihat email masuk, Anda tinggal masuk ke inbox yang ada di situs Temp Mail. Nah, Temp Mail tak hanya dapat diakses melalui web, namun Anda juga bisa mengunduh aplikasinya di PlayStore maupun AppStore.

Nah, itulah salah satu situs penyedia email sekali pakai yang bisa Anda coba gunakan. Selain Temp Mail, Anda juga dapat mencoba situs lain seperti 10 Minute Mail, Burner Mail, Blur, T Mail, dan sebagainya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mencobanya? Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu manfaat memakai email sementara ialah guna menghindari email spam yang berisi tautan maupun lampiran mencurigakan. Berbicara tentang lampiran mencurigakan, biasanya di dalam lampiran tersebut berisi malware atau virus yang dapat aktif jika Anda membukanya.

Guna melindungi perangkat dari infeksi virus tersebut, maka kami merekomendasikan Anda untuk memasang McAfee. Anda bisa mendapatkan McAfee antivirus di website Kharisma World yang merupakan McAfee authorized distributor maupun marketplace seperti Shopee, JD.ID, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia.

Baca juga: Cara Unsend Email di Gmail, Yahoo, dan Outlook. Jangan Sampai Anda Salah Kirim!