5 Film Tentang Hacker yang Wajib Anda Tonton

5 Film Tentang Hacker yang Wajib Anda Tonton

Peningkatan kejahatan siber semakin sering terjadi seiring dengan semakin tingginya aktivitas yang dilakukan secara online oleh masyarakat. Karena itulah kita semua harus selalu waspada pada semua kemungkinan kejahatan yang mengintai. Tahukah Anda kalau menonton film tentang hacker bisa memberikan gambaran seperti apa kejahatan di dunia maya berlangsung?

Sebagian besar film-film seputar hacker terinspirasi oleh kejadian nyata. Sebagian lagi bersifat science fiction yang mungkin saja menjadi prediksi kejadian yang akan datang beberapa tahun lagi ketika perkembangan teknologi sudah semakin pesat.

Berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang hacker yang layak Anda simak untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan:

V For Vendetta

Film ini pertama kali tayang di layar lebar pada tahun 2006. V For Vendetta mengisahkan keadaan di Inggris setelah berakhirnya perang dunia ke-3. Pada masa itu Inggris keadaan sangat kacau. Angka kelaparan dan kerusuhan meningkat pesat. Keadaan semakin diperparah dengan kemunculan berbagai penyakit mematikan hingga pemerintah harus menetapkan jam malam.

Pada masa itu lah seorang pemuda yang memakai identitas “V”. Ia melakukan hack pada stasiun TV dan juga komputer untuk menyebarkan gagasan propaganda melawan pemerintah. Film tentang hacker ini akan memberikan gambaran sebesar apa efek yang bisa ditimbulkan oleh aktivitas hacking.

The Fifth Estate 

The Fifth Estate merupakan film yang terinspirasi dari kisah nyata dari Julian Assange, pendiri wikileaks yang kerap membocorkan data-data kredensial lembaga penting di seluruh dunia. Kasus ini pernah membuat gempar dunia beberapa tahun lalu.

Menonton The Fifth Estate, Anda akan menyaksikan betapa besar dampak yang bisa ditimbulkan ketika data-data penting tak disimpan dengan baik. Anda juga akan melihat kekuatan siber untuk menggemparkan dunia.

The Blackhat

Film tentang hacker berikutnya yang layak Anda tonton berjudul The Blackhat dengan Chris Hemsworth sebagai pemeran utamanya. Film ini bercerita tentang sekumpulan hacker black hat yang membajak teknologi pembangkit listrik tenaga nuklir.

Para hacker ini memanfaatkan keberhasilan mereka membajak pembangkit listrik tenaga nuklir untuk meraup keuntungan hingga jutaan dolar. Ingin tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Yuk tonton film ini segera.

Snowden 

Rilis di bioskop pada tahun 2016, Snowden sempat ramai diperbincangkan karena terinspirasi dari kisah seorang mantan pegawai CIA bernama Edward Snowden. Snowden menjadi orang yang paling dicari di dunia karena keberaniannya menyebarkan banyak informasi penting soal CIA dan lembaga negara penting lainnya di Amerika.

Saat menyaksikan film ini Anda akan paham bagaimana privasi merupakan hal yang sangat mahal harganya di era digital ini. Dari film ini Anda juga bisa belajar bagaimana agar setidaknya data pribadi Anda bisa sedikit lebih aman dan menjadi bahan kejahatan pihak tak bertanggung jawab.

Who Am I

Film tentang hacker berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Who Am I. Film yang dirilis tahun 2014 ini membahas cukup detail mengenai fenomena deep web. Anda yang penasaran bagaimana interaksi di deep web terjadi bisa belajar banyak dari tokoh bernama Benjamin dan Max yang kemudian membentuk tim bernama Clay.

Menonton film tentang hacker yang satu ini tentunya akan menyadarkan Anda bahwa berbagai hal yang kita akses setiap harinya di internet ternyata sebatas permukaan saja. Ada banyak hal “menarik” lain yang hanya bisa diakses oleh orang-orang dengan tingkat kemampuan tertentu.

Sebelum menonton film-film tentang hacker di atas, jangan lupa lindungi perangkat Anda dengan antivirus terlebih dahulu ya. Kini Anda bisa menonton tanpa khawatir!

Baca juga: Perbedaan Black Hat Hacker, White Hat Hacker, dan Grey Hat Hacker