5 Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya

Laptop dan wifi adalah dua hal yang saat ini hampir tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut dikarenakan banyak orang semakin bergantung dengan internet untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti belajar, mengikuti kelas, webinar, bekerja, atau sekedar browsing dan menonton video YouTube. Namun, terkadang laptop susah terkoneksi dengan wifi. Sudah tahukah Anda apa penyebab laptop tidak bisa connect wifi?

Nah, pada artikel kali ini Kharisma World akan membahasnya. So, baca ulasan berikut sampai habis, ya!

Penyebab laptop tidak bisa connect wifi

Saat Anda harus menyelesaikan pekerjaan namun ternyata laptop tidak dapat terhubung ke jaringan internet, tentu rasanya sangat menjengkelkan, bukan? Padahal pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam beberapa jam, misalnya. Kalau sudah begitu, Anda mungkin penasaran apa penyebab laptop tidak bisa connect wifi.

Terdapat banyak hal yang dapat menjadi kemungkinan penyebabnya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

1. Airplane mode aktif

Sebelum Anda kesal karena laptop tidak bisa terhubung ke wifi, coba periksa dulu apakah airplane mode Anda sudah dinonaktifkan. Meskipun sepele, namun nyatanya ini cukup sering terjadi. Seseorang kadang tidak sadar bahwa sedang mengaktifkan mode pesawat, sehingga otomatis laptop tidak dapat tersambung ke jaringan internet.

2. Kata sandi wifi salah

Penyebab laptop tidak bisa connect wifi berikutnya adalah kata sandi wifi salah. Yup, ini juga merupakan human error yang sering terjadi. Pastikan Anda memasukkan password wifi yang benar, ya. Ketiklah dengan teliti dan cek kembali sampai passwordnya benar.

3. Hardware pada laptop rusak

Kemungkinan lain laptop Anda tidak bisa tersambung ke wifi ialah karena hardware-nya rusak. Ini dapat Anda ketahui dengan melihat lampu indikator pada laptop. Apabila menunjukkan warna merah, artinya hardware laptop Anda ada yang mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan driver menjadi tidak bisa terdeteksi.

4. Driver ethernet controller belum terpasang

Berikutnya, driver ethernet controller belum terpasang juga dapat menjadi penyebab laptop tidak bisa connect wifi. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda dapat mengecek di bagian device manager. Biasanya, jika sudah terpasang terdapat ikon tanda tanya berwarna kuning.

5. Driver wifi kadaluarsa

Penyebab lain yang bisa membuat laptop Anda tidak dapat terkoneksi wifi adalah karena driver wifi kadaluarsa. Sehingga, cara mengatasinya ialah dengan update driver. Caranya, masuk ke menu Device manager > Network adapter > Nama modem > Klik kanan > Update driver.

Cara mengatasi laptop tidak bisa terhubung wifi

Saat laptop tidak connect wifi, biasanya Anda akan menemukan ikon tanda seru berwarna kuning di bagian pojok kanan bawah. Jika hal tersebut terjadi, maka berikut cara mengatasinya.

  • Klik Start

  • Pilih Control Panel

  • Klik Network and Internet

  • Klik Network and Sharing Center

  • Pilih Change Adapter Setting

  • Klik kanan pada Wireless Connection, lalu pilih Properties

  • Pada tab Networking  pilih Internet Protocol Version 4 dan klik 2 kali

  • Lalu, pilih Obtain IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically

  • Klik OK

  • Restart laptop

  • Cek kembali pada bagian notifikasi, apabila ikon tanda seru warna kuning sudah hilang berarti Anda sudah dapat terhubung ke internet

Itulah berbagai penyebab laptop tidak bisa connect wifi yang perlu Anda ketahui beserta cara mengatasinya. Apabila tips di atas masih belum berhasil, cobalah lakukan restart router wifi selama 30 detik, kemudian nyalakan kembali.

Jika Anda sudah bisa terhubung ke wifi, tentunya Anda ingin pengalaman penelusuran Anda lebih nyaman dan aman, bukan? Untuk itu, Anda perlu memasang software antivirus terpercaya seperti McAfee yang mampu memberikan perlindungan penuh secara real-time pada perangkat Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari ancaman virus maupun malware.

Anda bisa mendapatkan McAfee antivirus di website Kharisma World yang merupakan McAfee authorized distributor maupun marketplace seperti Shopee, JD.ID, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia.

Baca juga: Cara Melihat Password Wifi di Android, iPhone, Mac, dan Windows