Rumba Ransomware: Bahaya yang Mengintai Para Pengguna Aplikasi Bajakan

Rumba Ransomware: Bahaya yang Mengintai Para Pengguna Aplikasi Bajakan

Biaya berlangganan yang tidak murah membuat tak sedikit orang yang tergoda untuk menggunakan aplikasi bajakan atau yang biasa disebut crack. Terlebih meskipun bisa didapat secara gratis aplikasi-aplikasi bajakan ini seringkali sangat mirip dengan aplikasi aslinya.

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan aplikasi bajakan sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Selain melanggar hukum, ada rumba ransomware yang serius mengancam di balik kebiasaan tersebut.


Apa Itu Rumba Ransomware

Seperti ransomware pada umumnya, ransomware akan mengenkripsi file-file di dalam komputer atau ponsel Anda hingga tak dapat diakses lagi. Anda kemudian akan menerima pesan dari kelompok penyebar virus tersebut.

Pesan yang Anda terima akan berisi tuntutan untuk mengirim sejumlah uang jika Anda ingin bisa mengakses file-file Anda kembali. Hal ini tentu akan membuat panik. Terutama jika Anda terbiasa menyimpan semua file di perangkat tanpa adanya backup.


Cara Kerja Rumba Ransomware

Rumba ransomware banyak disisipkan melalui aplikasi-aplikasi bajakan. Setelah pengguna menginstal aplikasi yang tak jelas asal usulnya, virus akan mulai masuk ke sistem operasi perangkat.

Setelah berhasil masuk ke sistem operasi, virus akan mulai mengenkripsi file-file yang ada di dalam perangkat. Akan butuh beberapa saat hingga Anda menyadari bahwa file-file tersebut tidak lagi bisa diakses. Infeksi rumba ransomware bisa terlihat jelas karena file tersebut akan berubah ekstensi menjadi .rumba atau ekstensi lain yang tak lazim ditemukan.


Cara Menghilangkan Rumba Ransomware 

Menghilangkan rumba ransomware sebenarnya bukanlah perkara yang terlalu sulit. Tantangannya yang sebenarnya justru terletak pada saat Anda berusaha memulihkan file-file yang terinfeksi. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan rumba dari perangkat Anda:

  • Instal aplikasi virus terpercaya seperti McAfee anti virus di perangkat Anda 

  • Pilih menu untuk melakukan scanning secara menyeluruh 

  • Pilih menu untuk menghapus atau  membersihkan semua virus yang terdeteksi 

  • Setelah semua proses selesai, restart perangkat Anda

Cukup dengan menjalankan cara sederhana tersebut semua virus yang ada di perangkat Anda akan hilang. Kini saatnya berusaha mengembalikan semua file yang telah berubah ekstensinya.


Cara Memulihkan FIle yang Terkena Rumba Ransomware 

Saat ini terdapat banyak aplikasi yang bisa membantu Anda mengembalikan file-file yang telah dirusak ransomware. Salah satu yang sudah terbukti cukup ampuh adalah Stellar Data Recovery Professional. Aplikasi tersebut berbayar, namun tentunya sepadan dengan kemampuan mengembalikan file-file penting Anda.

Jika Anda memiliki fitur backup, Anda tinggal mengunduh kembali file-file tersebut. Pastikan proses import hasil backup ini hanya dilakukan setelah memastikan komputer benar-benar terbebas dari Rumba ransomware.


Cara Mencegah Rumba Ransomware Muncul Kembali 

Kini Anda sudah tahu bahwa aplikasi bajakan ternyata bisa menjadi salah satu pembawa ransomware yang akan merugikan Anda sendiri. Maka dari itu langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kemunculan kembali virus Rumba adalah dengan berhenti menggunakan aplikasi bajakan.

Selain itu, pastikan McAfee Anti Virus terinstal di semua perangkat Anda. Lakukan pemindaian perangkat secara rutin agar performanya selalu maksimal dan terhindar dari gangguan virus atau ransomware.

Baca juga: Miia Virus - Pengertian, Penyebaran, Cara Menghapus