Script Kiddie Adalah Hacker Amatir, Benarkah Demikian?

Script Kiddie Adalah Hacker Amatir, Benarkah Demikian?

Siapa pun dapat mengunduh software dari internet. Ada ribuan program peretasan dan security yang tersedia secara online, di mana program tersebut ditulis oleh programmer berpengalaman dan individu yang memiliki hobi. Ini bagus, sebab memudahkan orang lain untuk belajar mengenai cyber security. Tapi, akan menjadi masalah jika script kiddie mencoba menggunakannya untuk meretas.

Apa itu script kiddie? Apakah mereka berbahaya? Tenang, mari membahasnya satu per satu.

Apa itu script kiddie?

Script kiddie, disebut juga skid atau skiddie, menggambarkan peretas muda yang bertindak seolah-olah dia tahu segalanya, padahal masih perlu banyak belajar. Kebanyakan dari mereka menggunakan kesempatan ini untuk bersenang-senang dan menganggap hacking adalah sebuah permainan. Dengan meretas, mereka merasa bahwa “this is cool!”

Jadi, pengertian script kiddie adalah seseorang yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman dan menggunakan software yang ada untuk meluncurkan serangan. Atau dalam bahasa gaul internet, seseorang yang menggunakan skrip atau kode yang dibuat oleh hacker sungguhan dengan tujuan melakukan penyerangan jaringan atau situs web.

Seringkali skiddie akan menjalankan program tanpa ia tahu bagaimana cara kerjanya dan apa yang ia lakukan. Sebagai contoh, bayangkan seorang anak yang baru mendapatkan komputer pertamanya. Ia menonton film tentang hacking lalu mengundung salinan Linux Kali. Dia mulai bermain dengan berbagai program sambil mencari tutorial di internet.

Awalnya mungkin mereka dianggap tidak lebih dari seorang anak yang noob internet karena kurangnya pengalaman. Akan tetapi nyatanya untuk mengimbangi kekurangan tersebut mereka beralih ke rekayasa sosial dengan tujuan memanipulasi korban agar memberikan akses atau berbagi informasi.

Skid membuat situs website atau portal palsu untuk mengelabui target supaya memasukkan data login mereka. Hal tersebut akan memungkinkan skid bisa mengakses suatu sistem atau akun.

Script kiddie VS hacker nyata

Script kiddie dan hacker nyata tentu saja tidak sama. Hacker nyata melakukan semua aksinya dengan didasari pengetahuan dan skill yang mumpuni. Tidak dengan skiddie yang bahkan tak memahami source code atau tak tahu bagaimana cara kerja tool yang mereka gunakan.

Script kiddie adalah orang yang hanya mengunduh software untuk menyerang target. Namun, bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi hacker pemula jika mereka mulai mendalami pemrograman yang tepat dan memahami logika dibalik kode yang mereka gunakan.

Haruskah Anda mewaspadai script kiddies?

Oke, yang menjadi pertanyaan adalah, haruskah Anda mewaspadai script kiddies? Perlu diketahui, sebaiknya jangan membuat kesalahan umum dengan menganggap bahwa kasus skiddie merupakan hal sederhana. Jangan menganggap mereka sebagai amatir yang tidak terampil.

Sebab skid tidak selalu hanya menjadi penguntit di dunia maya. Mereka bisa sangat tangguh dalam menyebabkan kerusakan meskipun masih kurang pengalaman. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan teknik rekayasa sosial untuk memanipulasi pengguna dan mencuri data.

Itu dia ulasan mengenai apa itu script kiddies dan bedanya dengan hacker nyata. Perlu diingat, script kiddie adalah orang yang tetap harus diwaspadai meskipun mereka belum punya keterampilan seperti hacker nyata.

Hal yang harus Anda lakukan jika ingin data Anda aman dari pencurian yaitu dengan berhati-hati terhadap website maupun aplikasi asing. Tak lupa juga pasang software antivirus terbaik pada perangkat komputer Anda.


Baca juga: Apa itu Sniffing? Berikut Pengertian, Tipe dan Cara Mencegahnya