Trickbot Trojan: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Menghindarinya

Trickbot Trojan: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Menghindarinya

Trickbot trojan adalah salah satu jenis malware yang cukup banyak diperbincangkan, terutama di dunia perbankan. Trickbot sendiri pertama kali dikenali pada tahun 2016 dan masih kerap ditemukan hingga hari ini. Bahkan cara kerja semakin kompleks sehingga semakin besar pula potensi kerugian yang terjadi.


Apa Itu Trickbot Trojan

Tergolong ke dalam jenis malware trojan, Trickbot atau yang biasa juga disebut dengan TrickLoader, dikembangkan untuk mencuri detil-detil informasi yang berhubungan dengan aktivitas finansial. Informasi yang dimaksud misalnya adalah nomor rekening, informasi lengkap dari suatu akun, hingga transaksi bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Trickbot Trojan mengincar data dari kedua belah pihak, yakni penyedia jasa (perbankan) dan juga pengguna biasa (nasabah). Data dari kedua belah pihak tentu akan menjadi alat yang sangat powerfull bagi pencuri atau hacker di luar sana untuk melakukan aksi pencuriannya. 


Cara Kerja Trickbot Trojan 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dari waktu ke waktu kemampuan trickbot semakin meningkat dan semakin kompleks operasi yang bisa dilakukan. Tak hanya bisa mencuri data, kini Trickbot juga bisa melakukan manipulasi sehingga sistem perbankan yang terinfeksi bisa bekerja dengan cara-cara yang menguntungkan Trickbot itu sendiri. 

Trickbot Trojan biasanya disebarkan melalui link phishing atau spamming. Begitu ada yang masuk ke dalam link tersebut, malware akan menyebar dan mengeksploitasi celah keamanan yang dapat ditemukan di dalam network sistem perbankan. 

Selain melalui link phishing, Trickbot juga bisa disebarkan menggunakan bantuan emotet. Emotet sendiri merupakan malware perbankan lainnya yang sama-sama bertujuan untuk mencuri data-data finansial, khususnya perbankan. 


Cara Agar Terhindari dari Trickbot Trojan 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari gangguan malware yang satu ini. Cara-cara tersebut adalah:

Manfaatkan Scan Tool

Jika Anda adalah pihak yang bertanggung jawab pada keamanan dari sebuah sistem perbankan, Anda bisa memanfaatkan scan tool yang memang dirancang untuk mendeteksi infeksi malware seperti Trickbot Trojan. Salah satu tool yang bisa Anda manfaatkan adalah Farbar Recovery Scan Tool. 

Lakukan Isolasi

Jika hasil scanning menunjukan ada mesin atau sistem yang terinfeksi malware, maka segera isolasi mesin tersebut. Hal ini dimaksudkan agar malware tidak menyebar ke sistem lainnya dan menyebabkan semakin banyak kerugian. 

Batasi Pertukaran Informasi Pribadi

Sebagai nasabah, langkah paling awal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari Trickbot adalah dengan membatasi pertukaran informasi pribadi. Batasi seketat mungkin pertukaran informasi seperti no.rekening, pin ATM, dan lain-lain melalui sarana online. 

Anda juga wajib berhati-hati setiap hendak mengklik tautan yang dialamatkan pada Anda melalui email atau sarana apapun. Bersikap skeptis sangatlah penting karena setiap link yang mencurigakan bisa jadi merupakan jalan masuk bagi Trickbot. 

Ganti Password Akun Anda Secara Berkala

Pastikan Anda mengganti semua password yang berhubungan dengan aktivitas finansial secara berkala. Hal ini penting dilakukan karena selalu ada kemungkinan data Anda sudah terekam dan ada di tangan pihak yang tidak seharusnya. 

Gunakan Perlindungan Pada Perangkat Anda 

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan memasang software yang bisa melindungi perangkat Anda dari berbagai malware. Produk antivirus McAfee bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi Anda dari berbagai virus dan malware. 

Meskipun kini sebagian besar transaksi keuangan bisa dilakukan melalui ponsel, ada baiknya Anda melindungi ponsel dan komputer Anda sekaligus. Pelajari produk-produk terbaik McAfee dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Baca juga: Apa Itu Cryptowall dan Bagaimana Cara Menghapusnya dari Komputer Anda