Sebelum Upgrade RAM Laptop, Perhatikan 4 Hal Berikut!

Sebelum Upgrade RAM Laptop, Perhatikan 4 Hal Berikut!

Apakah Anda lelah dengan masalah laptop berjalan lambat atau sistem sering macet ketika terlalu banyak tab yang terbuka? Mungkin ini saatnya Anda upgrade RAM laptop. Yup, semakin tinggi RAM, maka semakin baik pula kinerja perangkat Anda, sehingga kemungkinan lagging atau macet ketika digunakan untuk menjalankan berbagai macam program berat juga kecil.

Itulah sebabnya kini banyak orang berbondong-bondong upgrade RAM laptop, terlebih bila pekerjaan sehari-hari mereka membutuhkan laptop sebagai alat kerja utamanya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengupgrade RAM. Apa saja hal tersebut? Langsung saja simak ulasan Kharisma World di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Hal paling mendasar yang perlu Anda perhatikan sebelum upgrade RAM laptop adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan terburu-buru menambah RAM tanpa pertimbangan matang. Alih-alih demikian, sebaiknya Anda mempertimbangkan apakah benar-benar butuh menambahnya atau tidak. Jika iya, maka berapa besar RAM yang Anda butuhkan.

Sebagai contoh, bila kebutuhan Anda adalah untuk mengedit video, maka setidaknya Anda membutuhkan RAM 8GB agar laptop tidak lambat. Sedangkan jika kebutuhan Anda hanyalah bekerja dengan Microsoft Word, maka akan beda lagi.

2. Perhatikan sistem operasi laptop

Berikutnya, memperhatikan sistem operasi laptop juga penting sebelum Anda upgrade RAM laptop. Sebab jumlah maksimal RAM yang digunakan pada beda sistem operasi tentu akan berbeda pula. Periksalah apakah laptop Anda menggunakan sistem operasi 32-bit atau 64-bit.

Sistem operasi 64-bit mempunyai jumlah batasan RAM lebih banyak dibandingkan 32-bit. Sebagai gambaran, sistem operasi 32-bit memiliki batas limit memori 4GB. Jika Anda melakukan upgrade RAM dengan kapasitas lebih dari itu, maka yang bisa terbaca hanya 4GB. Oleh sebab itu, Anda harus menyesuaikan dengan sistem operasi laptop Anda agar laptop bisa berjalan optimal.

3. Perhatikan tipe RAM

Setelah sistem operasi laptop, Anda perlu memperhatikan tipe RAM yang digunakan. Terdapat beberapa jenis RAM, di antaranya SODIMM yang digunakan untuk laptop dan DIMM digunakan pada PC.

Misalnya tercatat SODIMM DDR3 8GB PC-12800 (800 MHz). Maka, DDR3 menunjukkan tipe RAM, 8GB adalah kapasitas RAM, dan PC-12800 (800 MHz) menunjukkan tipe kecepatan memorinya yaitu 800 MHz.

4. Masa garansi

Hal lain yang perlu Anda pertimbangan yaitu masa garansi laptop. Ini penting sebab setelah Anda menambahkan RAM, otomatis garansi akan hangus, karena laptop sudah pernah dibuka atau dibongkar.

Itu tadi kira-kira empat hal yang wajib Anda perhatikan sebelum memutuskan upgrade RAM laptop. Ini bertujuan agar Anda tidak salah pilih. Akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi langsung dengan pakarnya sebelum meng-upgrade memori.

Nah, biasanya setelah berhasil upgrade RAM, kinerja laptop Anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Anda tidak lagi merasakan laptop lambat maupun lag secara tiba-tiba saat menjalankan banyak aplikasi.

Guna mempertahankan performa perangkat Anda tetap bagus, ada baiknya Anda juga memberikan perlindungan terhadapnya dengan antivirus terpercaya, seperti McAfee Total Protection yang mampu memberikan perlindungan penuh dari ancaman virus maupun malware berbahaya.

Baca juga: Perbedaan HDD dan SSD, Manakah yang Lebih Baik?