Cara Mudah Menghapus Virus Autorun di Komputer dan Flashdisk

Cara Mudah Menghapus Virus Autorun di Komputer dan Flashdisk

Dengan peningkatan penggunaan internet dan perangkat eksternal, kini serangan virus makin marak terjadi. Salah satu virus yang umum ditemukan adalah virus autorun. Modus infeksi ini biasanya melalui USB flash drive. Virus autorun umumnya menggandakan diri pada tiap drive sebagai read only dan file tersembunyi. Cara menghilangkan virus autorun adalah dengan menghapusnya secara keseluruhan.

Nah, berikut akan dijelaskan tentang cara mudah menghapus virus autorun di komputer dan flashdisk.

Apa itu virus autorun?

Anda mungkin sering melihat file autorun.inf di flashdisk atau drive PC Anda. Ini sebenarnya bukan virus, melainkan salah satu fitur Windows untuk menjalankan suatu perintah secara otomatis. Biasanya CD atau DVD yang berisi driver dilengkapi dengan autorun sehingga ketika dimasukkan ke dalam ODD antarmuka instalasi langsung dijalankan.

Saat Anda memasukkan flashdisk ke dalam slot USB, Windows terlebih dahulu menjalankan file autorun sesuai dengan panduan yang diberikannya. Anda juga dapat menemukan file autorun.inf di drive 'C' Anda. Misalnya, perangkat lunak drive CD/DVD Anda harus berisi file autorun untuk menjalankan fungsinya secara otomatis.

Di satu sisi, autorun memang bermanfaat bagi pengguna. Akan tetapi, di tangan yang salah, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menularkan virus ke perangkat komputer. Umumnya media penularannya menggunakan flashdisk atau juga dikenal dengan pen drive.

File autorun memiliki ekstensi .inf yang merupakan ekstensi untuk information file. Apabila Anda tidak melihat ekstensinya, maka Anda bisa melakukan hal berikut.

Pada Windows 8/8.1 dan Windows 10:

  • Buka File Explorer

  • Klik tab View

  • Pada grup Show/hide, klik File name extensions dan Hidden items

File name extensions dipilih untuk menampilkan ekstensi file, dan Hidden items ditujukan guna menampilkan file atau folder tersembunyi.

Cara menghapus file virus autorun


Virus autorun bisa dihapus, namun tidak cukup hanya dengan menekan tombol Delete saja. Biasanya autorun.inf yang memang disisipi oleh virus sengaja disembunyikan dan dibuat sebagai file system. Sehingga untuk menghapusnya, Anda dapat melakukan cara berikut.

  • Cari Command Prompt dengan mengetik “cmd” tanpa tanda kutip pada start menu

  • Klik kanan lalu pilih Run as Administrator

  • Ketik “G:” tanpa tanda kutip lalu tekan Enter (G: adalah partition letter untuk flashdisk atau harddisk, Anda bisa menyesuaikannya dengan partisi target)

  • Ketik “attrib -h -s -r -a *.*” tanpa tanda kutip kemudian Enter

  • Ini bertujuan untuk menghilangkan atribut (attrib) hidden (-h), system (-s), read only (-r), dan archive (-a) dari semua folder serta file dengan ekstensi apapun (*.*)

  • Apabila prosesnya sudah selesai dan tidak terjadi kesalahan, maka Anda dapat menghapus virus autorun dengan cara manual

Namun, menghapus file autorun.inf bukan berarti virus pada komputer Anda sudah hilang. Perlu diingat bahwa file autorun.inf hanya digunakan sebagai pemicu untuk mengeksekusi perangkat lunak berbahaya seperti malware yang biasanya berekstensi *.exe, *.vbs, atau *.bat.

Cara menghapus virus autorun dari komputer maupun flashdisk adalah sebagai berikut.

  1. Cari file yang dieksekusi oleh autorun.inf, kemudian hapus file tersebut. Caranya, Anda bisa membuka file autorun yang bukan read only menggunakan Notepad, kemudian jika Anda menemukan istilah mencurigakan, sebagai contoh berisi tulisan virus/trojan.exe,  maka segera hapus file tersebut. Jika kesulitan menghapusnya, masuklah ke safe mode.

  2. Install antivirus, update, dan lakukan full scan. Dalam hal ini Anda bisa mempercayakan pada McAfee yang mampu mendeteksi dan menghapus berbagai jenis malware pada komputer Anda.

Mudah bukan? Kini Anda tak perlu bingung lagi jika mendapati file autorun.inf pada komputer maupun flashdisk, sebab Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga: Apa itu IDP Generic Virus? Berikut Pengertian dan Cara Menghapusnya