Apa itu Virus Cerber? Ini Definisi dan Cara Menghapusnya

Apa itu Virus Cerber? Ini Definisi dan Cara Menghapusnya

Dari sekian banyak tipe ransomware, virus cerber adalah salah satunya. Virus ini mengincar para pengguna Office 365 berbasis cloud. Oleh karena itu penting bagi Anda memahami apa itu virus cerber secara lebih detail, mulai dari cara kerja hingga tips mengatasinya.


Apa itu virus cerber?

Cerber ransomware atau virus cerber adalah jenis malware yang mengenkripsi file Anda dan kemudian menyandera mereka, lalu meminta Anda membayar tebusan untuk bisa mendapatkannya kembali.

Sejauh ini, cerber menginfeksi dengan cut-and-dry. Korban secara tidak sengaja memasang ransomware ke perangkat mereka sebagai akibat dari email phishing, situs web yang terinfeksi, atau malvertising.

Dengan membuka lampiran berbahaya, mengunjungi situs yang terinfeksi, atau berinteraksi dengan iklan yang terkontaminasi, maka Anda akan secara tidak sengaja menginstal cerber ke komputer Anda.

Pada titik ini, cerber mulai mengenkripsi file Anda sehingga Anda tidak dapat membukanya lagi. File apa pun yang disentuhnya diberi ekstensi baru, dan tanpa kunci dekripsi yang benar, file tersebut akan terkunci rapat. Seperti jenis ransomware lainnya, cerber juga dapat mengakses file di semua jaringan yang tidak dipetakan.


Cara menghapus virus cerber

Jika Anda mendapati perangkat terinfeksi virus Cerber, cara terbaik adalah menghapus cerber dan ransomware lainnya sesegera mungkin untuk mencegah file tambahan dienkripsi. Berikut caranya:

  1. Restart komputer Anda dalam Safe Mode with Networking. Ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet sambil juga membatasi fungsionalitas komputer Anda hanya pada dasar-dasarnya.

  2. Setelah boot, buka program antivirus Anda kemudian lakukan pemindaian komputer. Jika Anda belum memilikinya, gunakan antivirus McAfee.

Sayangnya, menghapus ransomware seperti virus Cerber bukanlah tahap terakhir. Setelah ransomware menghilang, Anda masih akan dihadapkan pada tumpukan file terenkripsi. Mungkin di titik ini, Anda berpikir bahwa jalan terbaiknya yaitu membayar, tetapi ini adalah ide buruk. Jangan pernah membayar uang tebusan untuk file Anda sendiri.

Pertama, tidak ada jaminan bahwa penyerang akan menindaklanjuti kesepakatan mereka dengan Anda. Setelah Anda membayar, tidak ada yang menghentikan mereka untuk berbalik dan menghilang.

Kedua, jika Anda menyetujui tuntutan penjahat dunia maya, sama halnya Anda memberitahu mereka bahwa ransomware adalah teknik yang menguntungkan. Sementara apbila Anda menolak untuk membayar, Anda dapat membantu mencegah penyerang menggunakan ransomware terhadap orang lain.

Pada dasarnya, ransomware hanya menjadi ancaman jika file di komputer Anda adalah satu-satunya salinan yang Anda miliki. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan backup rutin terhadap file Anda.


Cara mencegah serangan virus cerber

Guna mencegah serangan virus cerber, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini.

1. Jangan mengunduh lampiran dari pengirim tak dikenal

Menyematkan malware ke dalam lampiran email adalah trik favorit penjahat dunia maya. Alih-alih membukanya, Anda dapat melaporkan dan menghapus semua email phishing yang Anda terima. Untuk lampiran email, sebaiknya buka hanya dari pengirim yang Anda percayai.

2. Jangan klik link tak dikenal

Hal yang sama berlaku pada link tak dikenal. Jika Anda menerima email dari pengirim yang tidak dipercaya, jangan klik apa pun di dalamnya, entah itu lampiran maupun tautan. Abaikan segala link yang disebar di forum dan papan pesan, di bagian komentar, media sosial, dan bahkan di aplikasi kirim pesan dan SMS.

Penjahat dunia maya dapat menggunakan tautan berbahaya untuk mengirim Anda ke situs web yang terinfeksi dengan melakukan "unduhan drive-by" malware ke perangkat Anda saat Anda mengunjunginya.

3. Backup file secara teratur

Hal lain yang tak kalah penting adalah melakukan backup file secara teratur. Dengan pencadangan rutin, Anda selalu siap untuk memulihkan data jika sewaktu-waktu terjadi serangan ransomware.

Itu dia pembahasan seputar serangan virus cerber dan tips mengatasinya. Virus cerber adalah bagian dari ransomware yang merugikan pengguna. Jadi alangkah baiknya Anda lebih waspada dan berhati-hati, salah satunya dengan memasang proteksi tambahan pada perangkat. Untuk ini, Anda dapat mempercayakan pada McAfee.

Baca juga: Ransomware Decryptor untuk Mengembalikan File yang Terkena Ransomware