Pengertian Virus Shortcut dan Cara Mengatasinya

Pengertian Virus Shortcut dan Cara Mengatasinya

Virus komputer sangat banyak ragamnya. Jumlahnya biasa mencapai ribuan atau bahkan jutaan jenis. Dari banyaknya jenis tersebut tidak semuanya berbahaya. Salah satu yang tergolong tidak berbahaya adalah virus shortcut. 

Meskipun tidak berbahaya, keberadaan virus shortcut di komputer atau perangkat penyimpanan lainnya cukup mengganggu. Mari bahas lebih lengkap soal virus shortcut dan bagaimana cara membasminya. 


Apa Itu Virus Shortcut 

Virus shortcut adalah virus yang bekerja dengan cara menyembunyikan file asli dan membuat duplikat dari file tersebut. Tentu saja file hasil duplikat virus ini tidak bisa dibuka sebagaimana mestinya. Bahkan ketika diklik file hasil duplikasi tersebut berpotensi membuat penyebaran virus menjadi semakin luas. 

Tak hanya di komputer, virus shortcut juga sering ditemukan di perangkat penyimpanan seperti flashdisk. Meskipun tak sebanyak komputer, virus ini juga beberapa kali ditemukan di ponsel. Penyebaran virus ini cukup cepat dan sulit dideteksi. 


Ciri-Ciri Komputer yang Terserang Virus Shortcut 

Berikut adalah ciri-ciri komputer atau perangkat penyimpanan yang sudah terinfeksi virus:

Ditemukan File Database.Mdb

Jika Anda menemukan file bernama Database.Mdb di folder My Document, maka hampir dapat dipastikan virus shortcut sudah mampir ke komputer Anda. 

Ditemukan Folder autorun.inf 

Ciri berikutnya adalah Anda akan menemukan folder bernama autorun.inf di setiap drive yang ada di komputer Anda. Bisa dibilang folder ini adalah pusat penyebaran virus di setiap drive yang ada di komputer. 

Icon USB Berubah Menjadi Icon Folder 

Ciri yang satu ini juga cukup mudah dideteksi. Jika logo USB atau flashdisk di komputer Anda berubah bentuk menjadi logo folder, berarti sudah waktunya Anda melakukan pembersihan besar-besaran pada perangkat Anda. 

Banyak Ditemukan Folder Copy Of Shortcut 

Pernahkah Anda tiba-tiba menemukan folder atau file bernama “copy of shortcut” dan diikuti angkat, padahal Anda tak pernah merasa membuatnya? Hal tersebut bisa dipastikan adalah hasil perbuatan virus shortcut atau virus-virus lain yang sudah masuk ke komputer atau perangkat penyimpanan Anda. 


Cara Membersihkan Virus Shortcut 

Jika Anda menemukan ciri-ciri bahwa komputer Anda terserang virus, tak perlu panik. Seperti disebutkan sebelumnya, virus ini bukanlah golongan berbahaya yang bisa membuat perangkat Anda rusak atau file-file penting hilang. 

Ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan invasi virus dan menghapusnya dari komputer Anda. Cara-cara tersebut adalah:

Command Prompt

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan virus shortcut adalah menggunakan command prompt. Cara membuka command prompt ialah dengan menekan logo windows pada keyboard bersamaan dengan huruf R. Setelah itu akan muncul dialog box. Ketikkan “cmd” pada box tersebut dan teken enter. 

Selanjutnya command prompt akan menampilkan serangkaian kode sederhana. Jika drive yang terinfeksi adalah drive D, maka Anda bisa mengetikkan rangkaian kode ini pada box: D:\>_

Setelah itu ikuti dengan kode “attrib -s -r -h /s /d” (tanpa tanda petik). Lalu tekan enter. Setelah itu periksa kembali apakah drive Anda sudah bersih dari file-file duplikasi. 

Antivirus 

Jika fungsi command prompt tidak berhasil membersihkan komputer atau perangkat penyimpanan Anda, berarti Anda memerlukan bantuan dari antivirus yang canggih seperti McAfee

Cukup instal McAfee Antivirus di perangkat Anda. Setelah itu jalankan fungsi scan secara menyeluruh. Ikuti petunjuk yang ada untuk membersihkan virus shortcut dan virus lainnya. Kini komputer Anda dijamin bersih dari semua virus menyebalkan.

Baca juga: Apa itu Endpoint Security? Ini Pentingnya dan Bedanya dengan Antivirus