8 Cara Memilih VPN untuk Game Terbaik di 2023

8 Cara Memilih VPN untuk Game Terbaik di 2023

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah sering mendengar VPN, bahkan menggunakannya. VPN memang menjadi salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan privasi secara online. Begitu pula dalam gaming, VPN dapat memberikan akses tanpa batas sehingga aktivitas bermain game jadi makin lancar.

Meski begitu, tidak semua VPN untuk game memberikan keamanan bagi pengguna. Beberapa ada yang menimbulkan pencurian data bahkan kerusakan perangkat akibat serangan malware. Maka dari itu, penting bagi Anda memilih VPN terbaik agar aktivitas gaming tetap nyaman.

Cara Memilih VPN untuk Game yang Aman

Ada banyak sekali VPN yang tersedia di pasaran. Untuk memilih VPN yang terbaik, simak tips di bawah ini.

1. Pikirkan Tujuan Anda Membutuhkan VPN

Cara memilih VPN yang aman pertama-tama adalah pikirkan apa tujuan Anda membutuhkan VPN. Contoh jika Anda hobi bermain game, maka Anda akan memerlukan VPN yang menawarkan banyak server di berbagai negara dan menawarkan keamanan tinggi.

2. Lihat Kualitas Masing-masing VPN

Pada dasarnya setiap VPN memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Ada yang memprioritaskan enkripsi, anonimitas, kecepatan, dan sebagainya. Nah, Anda bisa mencari mana prioritas mereka yang cocok dengan Anda.

3. Periksa Perangkat Mana yang Kompatibel

Tips memilih VPN terbaik untuk game berikutnya yaitu memeriksa perangkat mana yang kompatibel, apakah Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS. Pasalnya, tidak semua VPN tersedia pada semua platform.

Jadi apabila Anda menggunakan laptop Windows dan iPhone, Anda harus memastikan VPN Anda bisa untuk keduanya. Selain itu, lihat juga berapa banyak perangkat yang bisa disambungkan sekaligus. Beberapa VPN mengizinkan jumlah perangkat tanpa batas, sementara lainnya mengizinkan maksimal hanya tiga perangkat.

4. Pilih VPN dengan Antarmuka yang Ramah Pengguna

Bagi Anda yang tidak ingin repot dan pusing untuk mengonfigurasi VPN, ada baiknya Anda memilih VPN dengan prosedur sederhana dan antarmuka yang ramah pengguna.

5. Pastikan Lokasi Penting Anda Tercakup

Lokasi dan jumlah server bisa menjadi faktor penentu bagi beberapa VPN. Sebagai contoh jika seseorang tinggal di negara yang memiliki sedikit penduduk atau kurang maju, maka ia membutuhkan VPN yang memiliki server di lokasi berdekatan.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Anda Sukai

Perlu dipahami bahwa harga VPN akan berbeda-beda, tergantung fitur dan lamanya berlangganan. Anda bisa pilih metode pembayaran yang Anda suka. Misal bitcoin atau membeli kartu hadiah guna menghindari penggunaan informasi pribadi.

Mungkin Anda akan berpikir, memangnya VPN gratisan tidak cukup? Kami tidak menyarankan Anda menggunakannya, sebab VPN gratis berisiko mendapatkan serangan malware oleh pihak tidak bertanggung jawab.

7. Cari VPN yang Memberikan Layanan Pelanggan Andal

Memastikan provider VPN menyediakan layanan pelanggan sangat penting, guna membantu Anda mengatasi jika terjadi kesulitan. Carilah VPN yang menawarkan layanan live chat 24/7.

8. Pastikan VPN Mencakup Jaminan Uang Kembali

Tips terakhir namun tidak boleh dilewatkan yaitu memastikan Anda mendapatkan jaminan uang kembali apabila VPN tersebut tidak cocok untuk Anda. Ini juga menjadi cara terbaik agar Anda tidak terikat pada produk yang tidak Anda inginkan.

Itulah penjelasan mengenai tips memilih VPN untuk game. Guna meningkatkan keamanan pada perangkat Anda, sebaiknya pertimbangkan juga untuk memasang antivirus terbaik agar terhindar dari serangan virus maupun malware.

Baca juga: Bisakah Terserang Virus dari VPN? Ini Tips Aman Menggunakannya