5 Tips Meningkatkan WordPress Security Agar Situs Tetap Aman

5 Tips Meningkatkan WordPress Security Agar Situs Tetap Aman

WordPress security adalah salah satu hal penting yang perlu Anda pahami terutama jika Anda adalah seorang pemilik website. Pasalnya, terdapat banyak kejahatan siber terjadi setiap harinya. Tak peduli seberapa besar usaha Anda untuk meluncurkan situs, selalu terdapat bahaya yang mengancam, bahkan meski Anda tidak melakukan kesalahan. Beginilah dunia internet.

Akan tetapi, ancaman tersebut bisa dicegah apabila Anda melakukan beberapa tips meningkatkan WordPress security berikut. Langsung saja simak, ya!


Mengapa perlu mengimplementasikan WordPress security?

Sebelum masuk ke tips meningkatkan WordPress security, pertama-tama Anda harus paham mengapa ini perlu. Selain karena agar website tetap aman dari ancaman malware seperti yang dijelaskan di atas, alasan lainnya ialah sebagai berikut.

1. Google menyukai website yang aman

Memastikan website WordPress Anda aman adalah langkah dasar guna mempertahankan ranking tinggi website. Mengapa? Karena website aman adalah website yang bisa dicari user. Jadi, ini secara langsung berpengaruh terhadap visibilitasnya pada pencarian di Google.

Dengan kata lain, keamanan website menjadi salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan ranking pencarian Anda. Namun tentu saja ini bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan oleh Google maupun search engine lainnya.

2. Melindungi informasi dan reputasi Anda

Alasan mengapa Anda perlu mengimplementasikan WordPress security adalah karena bisa melindungi informasi dan reputasi Anda. Tak dapat dipungkiri, ketika penyerang memperoleh informasi personal tentang Anda maupun pengunjung website Anda, mereka bisa saja melakukan segala hal dengan data tersebut, entah itu menjualnya ke publik, menyebarkan ransomware, dan sebagainya. Akhirnya, reputasi bisnis Anda terancam.


Tips meningkatkan WordPress security

Nah, alasan tadi kiranya dapat menambah kepedulian Anda sebagai pemilik website agar lebih memperhatikan keamanan WordPress. Selanjutnya, berikut Kharisma World rangkum beberapa cara meningkatkan WordPress security.

1. Batasi upaya login dan ubah password secara berkala

Hal pertama untuk meningkatkan keamanan WordPress adalah jangan biarkan upaya login Anda tidak terbatas. Sebab ini akan membantu peretas berhasil menyusupi website Anda. Oleh karena itu, batasi kemungkinan upaya login, misalnya dengan menggunakan plugin khusus. Atau, Anda juga bisa mengubah password secara berkala, misalnya 2 atau 3 bulan sekali guna mengurangi peluang peretas untuk membobol situs Anda.

2. Pasang firewall

Tips selanjutnya dalam meningkatkan WordPress security yaitu dengan memasang firewall, baik itu di komputer maupun situs WordPress. Di komputer, ini berfungsi melindungi perangkat Anda dari ancaman online. Sementara di situs WordPress, pemasangan firewall bertujuan untuk melindungi situs dari virus, malware, dan serangan lainnya.

3. Ubah nama URL login Anda

Secara default, URL untuk masuk ke dashboard WordPress adalah URL utama situs diikuti dengan wp-login.php atau wp-admin. Contohnya kharismaworld.com/wp-login.php. Ketahuilah, keduanya merupakan URL yang paling banyak diakses oleh peretas yang ingin masuk ke database Anda. Jadi, apabila Anda mengubahnya, itu akan mengurangi kemungkinan peretas bisa menebak URL login Anda.

4. Update WordPress secara teratur

Segala sesuatu yang baru dirilis pasti meningkatkan WordPress sekaligus keamanannya. Banyak bug dan kerentanan yang diperbaiki setiap kali versi terbaru keluar. Selain itu, apabila ada bug berbahaya ditemukan, orang inti WordPress akan segera menanganinya, dan segera merilis versi aman yang baru. Jadi, apabila Anda tidak mengupdate WordPress secara berkala, maka Anda akan berisiko.

5. Gunakan SSL

Hal yang tak kalah penting sebagai cara meningkatkan keamanan WordPress adalah menggunakan SSL. SSL atau Secure Socket Layer adalah teknologi yang bisa mengenkripsi data admin Anda. SSL memungkinkan proses transfer data antara browser pengguna dengan web server aman.

Nah, itulah penjelasan seputar tips meningkatkan WordPress security yang bisa Anda terapkan sendiri. Perlu diketahui, selain situs, Anda sebaiknya juga memperhatikan keamanan perangkat Anda. Untuk ini Anda bisa percayakan pada McAfee Total Protection.

Baca juga: Cara Meningkatkan Discord Security Agar Terhindar dari Ancaman Berbahaya